LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Festival pesona Bau Nyale (tradisi menangkap cacing laut) yang muncul setahun sekali, rencananya akan digelar mulai 20 Februari-6 Maret mendatang. Berbagai event keren dan eksotik telah dirancang.

“Tahun ini kita akan buka dengan Mandalika Berdzikir,” beber Kepala Dinas Pariwisata NTB, L Moh Faozal dalam rapat koordinasi persiapan Festival Pesona Bau Nyale di ruang rapat Tastura Utama kantor bupati Lombok Tengah, Rabu (9/1).

Faozal menyampaikan, alasan Mandalika Berdzikir menjadi menu pembuka, karena mengingat beberapa waktu lalu daerah telah dilanda gempa. Sehingga, Mandalika Berdzikir merupakan salah satu bentuk tafakur dan tasyakur kita kepada Alllah SWT, atas segala rahmat yang diberikan selama ini.

“Mandalika berdzikir akan dipusatkan di Masjid Nurul Bilad Kuta,” katanya.

Adapun rangkain event yang selalu menarik untuk disaksikan. Seperti peresean, yang akan dilaksanakan di Pantai Senek di The Mandalika Kuta. Selanjutnya, parade budaya, rencananya dipusatkan di Kota Praya. Kreatif dialog, terkait kawasan mandalika. Pemilihan Putri Mandalika. Namun, di pemilihan putri mandalika, ia menginginkan bukan hanya dalam konten lokal, melainkan dibuat nasional. Sehingga, Putri Mandalika terpilih bukan hanya milik Lombok Tengah, tapi NTB pada umumnya.

“Kami minta panitia segera merancang schedulnya,” terangnya.

Adapun, rangkain lainnya, seperti Kampong Kuliner yang diadakan di kawasan Mandalika. Mandalika photo dan closing ceremony di pantai Seger, Kuta. Adapun puncaknya nanti meminta Pemda Loteng melakukan Sangkep Wariga.

Yang perlu menjadi catatan, sambung Faozal, soal keamanan. Artinya, kita harus menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, khususnya di acara puncaknya. Apalagi, event ini sudah masuk dalam 10 besar event kelender nasional.

“Intinya tahun ini harus lebih sukses dan meriah,” jelasnya.
Sementara, dalam rapat itu, hadir pula Sekda Loteng, HM Nursiah selaku pimpinan rapat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muh. Putria, Semua SKPD Loteng, ITDC, Kepolisian, TNI, Camat Pujut, Kades Kuta dan steakholder lainnya.

Dalam rapat, HM Nursiah menekankan kepada semua SKPD agar mensukseskan kegiatan event Bau Nyale. Karena, event ini sudah masuk dalam 10 event kalender nasional.

“Apa yang menjadi bagian kita dalam event ini, mulai hari ini (kemarin) kita harus melakukan persiapan yang mantang dan maksimal. Sehingga acara tersebut sukses,” singkatnya.

Kepala Dinas Budpar Loteng, HL Muh Putria menyatakan komitmennya untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi di tahun 2018 lalu.

“Pokoknya tahun ini harus lebih sukses dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Hiz)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
100%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here