LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Jatah transmigran asal Lombok Tengah (Loteng), terbilang minim. Tahun ini, kuota hanya lima Kepala Keluarga (KK). Padahal, animo warga untuk mengubah nasib dengan cara bertransmigrasi relatif tinggi.

“Tahun ini rencananya hanya lima KK untuk ditempatkan di Kabupaten Ujung Unar, Sulawesi Tengah,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Loteng, H Masrun, kemarin.

Dijelaskan Masrun, sebenarnya kouta untuk Lombok Tengah hanya tiga KK. Tapi, karena Kabupaten Lombok Utara tidak mengambil koutanya, yakni dua KK tersebut, maka kita yang mengambilnya.

“Ini pun kita masih kurang. Apalagi animo masyarakat untuk transmigrasi masih cukup tinggi,” terangnya.

Setiap kepala keluarga, lanjut Masrun, akan diberikan fasilitas lahan seluas 2 hektare dan jaminan hidup dari pemerintah selama 1 tahun. Para calon transmigran nantinya akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum berangkat. Satu di antaranya pelatihan pada sektor pertanian. Harapannya lanjut Masrun, ketika ditempatkan di lokasi transmigran mereka bisa berhasil dalam mengolah lahan.

“Kami juga nanti akan berikan bantuan alat-alat pertanian,” jelasnya.

Kemudian, ia jelaskan sejumlah warga Loteng yang menjadi transmigrasi pada periode-periode sebelumnya juga dinilai berhasil. Meskipun, lanjut masrun, ada sejumlah warga lainnya yang kembali pulang, karena tidak terbiasa dengan kondisi di lokasi penempatan.

“Kita berharap lima KK yang akan kita kirim ini juga bisa betah dan berhasil seperti rekan-rekannya yang lain,” katanya.

Sementara, lahan yang akan diberikan itu, bisa menjadi hak milik setelah menetap dan menggarap lahan tersebut selama 5 tahun. Artinya, warga saat ini tidak bisa sembarangan menjual lahan tersebut. Pasalnya, banyak kejadian, belum satu tahun, mereka sudah menjual lahan yang diberikan. Sehingga, untuk mengantisifasi hal itu terjadi, pemerintah telah mengeluarkan aturan, sebelum cukup lima tahun menggarap lahan, maka warga tidak ada hak untuk memiliki lahan tersebut.

“Perjanjian harus lima tahun baru menjadi hak milik,” pungkasnya. (Hiz)

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here