LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Menjelang tahun ajaran baru, Lombok Literaksi, sebuah komunitas sosial yang terdiri dari putra-putri daerah menggelar acara bertajuk University Fair (UNFA) 2019 dengan menggandeng siswa-siswi SMA/MA sederajat sebagai panitia pelaksana di Lombok Timur, Minggu (6/1). UNFA dirancang guna membuka kesempatan-kesempatan bagi siswa-siswi SMA/MA sederajat untuk dapat menyerap secara langsung informasi seputar perguruan tinggi di Indonesia.

Roziyan Hidayat selaku Koordinator Eksternal Lombok Literaksi menjelaskan tujuan diadakannya University Fair (UNFA) 2019 terbagi menjadi dua, yakni menjadi corong
informasi perguruan tinggi dan sekaligus menjadi wadah belajar berorganisasi yang kekinian.

“Iya, UNFA itu punya dua poin yang pengen dicapai sih. Pertama, UNFA pengennya jadi corong informasi buat temen-temen SMA terkait info-info perguruan tinggi di Indonesia, dengan mendatangkan teman-teman alumni atau mahasiswa dari perguruan tinggi terkait. Kedua, UNFA pengennya jadi wadah buat temen-temen SMA, buat belajar berorganisasi yang lebih advance, soalnya mereka berasal dari sekolah yang berbeda-beda di Lombok Timur,” jelas Roziyan.

Tercatat lebih dari 21 perguruan tinggi, termasuk di dalamnya ialah PTS, PTN, sekolah Kedinasan, dan sekolah Tinggi ikut terlibat. Seperti, UI, UGM, IPB, ITB ITS, dan lainnya.

Menurut ketua pelaksana, Lutfhi Fitroni, selain bermanfaat untuk menyediakan informasi seputar masuk perguruan tinggi, acara ini turut mengasah panitia bekerjasama dengan orang-orang baru dan melatih kepercayaan diri dalam merencanakan dan mengimplementasikan
pelaksanaan event yang turut menyatukan semangat siswa-siswi SMA/MA sederajat se-Lombok Timur.

Kepanitiaan sendiri, sambung Lutfi, terbentuk melalui proses seleksi yang dilakukan Komunitas Lombok Literaksi pada Bulan September 2018 lalu. Melalui kegiatan tersebut, terjaring 80 anggota panitia yang berasal dari SMAN 1 Selong, SMAN 2 Selong, SMAN 1 Aikmel, MA Mu’alimin NW Pancor, SMAN 1 Wanasaba, MA Darul Aitam Jerowaru, MAN 1 Lotim, MA NW Suralaga dan masih banyak lagi.

Adapun serangkaian acara University Fair (UNFA) pada tanggal 6 Januari 2019 berlokasi di SMA Negeri 2 Selong, pada pukul 06.45-12.00 WITA dimulai dengan Try Out SBMPTN.

Sementara itu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setda Lotim, H Sahabuddin menyampaikan Kegiatan University Fair tersebut dinilai sangat positif, terutama bagi siswa-siswi SMA.

“Acara sebesar ini saya sangat apresiasi dan sangat bangga, ternyata anak-anak muda di Lombok sangat kreatif. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya,” seru Sahabudin. (dex)

0
0%
like
17
94%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
5%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here