MATARAM, KANALNTB.COM – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara (NTB) 2018 diawali dengan kirab obor dari Kota Bima menuju Lombok Tengah KEK Mandalika, Kamis (6/12) kemarin. Api obor tersebut diambil langsung dari sumber api abadi di Gunung Sangeang Api di Bima.

Tim KONI Kota Bima telah mengambil api di gunung yang terletak di paling timur Pulau Sumbawa tersebut, Kamis (6/12) kemarin. Dan diinapkan di Kantor Wali Kota Bima.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan, pihak panitia sudah berkoordinasi dengan KONI Kota Bima untuk pengambilan api Porprov. Tim dari Kota Bima sudah mengambil api tersebut. “Api Porprov diambil di Gunung Sangeang, Bima ,” kata Andy, Sabtu (8/12) saat menggelar konfrensi pers media Center Porprov di LEM Mataram.

Api Porprov selanjutnya di arak menggunakan sepeda dari Kota Bima menuju Mataram. Dari Sabtu (8/12) hingga Minggu (9/12). “Kita libatkan komunitas sepeda yang ada di NTB untuk ikut kirab api Porprov. Ada 60 sepeda menjadi simbol ulang tahun NTB,” jelasnya.

Tim dari KONI NTB dan komunitas sepeda berangkat, Kamis (6/12) kemarin. Berdasarkan run down, mereka start dari kantor Wali Kota Bima pukul 06.00 Wita. ”Mereka beristirahat di masing-masing pit stop,” bebernya.

Pit stop pertama berhenti di 10 kilometer pertama, yakni beristirahat di Kantor Bupati Bima. Pit stop kedua di Pendopo Bupati Dompu. Pit stop ketiga di perbatasan Dompu Sumbawa dan pitstop ke empat di Polsek Empang.

Selanjutnya, tim melanjutkan perjalanan sejauh 46 kilometer dan berhenti di Kantor  camat Maronge. Diprediksi, pukul 19.00 Wita tim sudah tiba di Pendopo Bupati Sumbawa. Dan melakukan makan malam.

Tak cukup disitu, tim langsung bergerak ke pitstop ketujuh di Polsek Utan. Ditargetkan, hingga pukul 23.00 Wita mereka menyelesaikan etape I di Pendopo Bupati Sumbawa Barat. ”Tim bermalam dan beristirahat di kawasan Sumbawa Barat,”  jelasnya.

Pada Minggu (9/12), mereka melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tano. Dimulai pukul 06.00 Wita. Sekitar pukul 10.00 Wita, tim mendarat di Pelabuhan Kayangan.

Tak berhenti disitu, mereka melanjutkan perjalanan sejauh 20 kilometer menuju kantor Bupati Lombok Timur. Pukul 13.00 Wita mereka akan berjalan ke Kuta Mandalika. ”Kuta sebagai persinggahan api Porprov. Tim obor dari bima menyerahkan ke Bupati Loteng, diserahkan ke Zohri dan dikirab sampai ke KEK Mandalika dan diserahkan ke Gubernur NTB dibakar kebusur untuk selanjutnya dipanah Gubernur ke kuadron. Karena, disana acara pembukaan dilakukan pukul 15.30 wita,” ungkapnya. (Pur)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here