LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Bupati Lombok Utara (KLU) Dr TGH Najmul Akhyar SH MH menganggap program Gubernur  Dr Zulkieflimansyah dan wakil Gubernur  Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah untuk mengirim anak-anak NTB kuliah keluar negeri sangatlah bagus guna menambah wawasan generasi muda. Ia menganggap hal tersebut juga sejalan dengan programnya di daerah yakni mengirim anak-anak KLU kuliah ke Malaysia hasil kerjasama dengan Insitut Kemahiran Industri Malaka (IKIM) Malaysia.

“Program Gubernur NTB itu bagus sekali, termasuk program kita yang bekerjasama dengan IKIM malaysia untuk mengirim anak-anak kita di KLU kuliah kesana,”ungkap Najmul, Rabu (19/12).

Najmul Mengatakan, guna mendukung itu, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk membantu adik-adik di KLU membuat paspor, pihaknya juga sedang mencarikan cara agar bisa membantu pembiayaan mereka disana.

“Saya juga berharap, hal pertama yang kita lakukan agar kerjasama dengan IKIM untuk mengirim anak-anak kita ini bisa kita wujudkan,”katanya.

“Jika anak-anak kita di KLU juga ingin ke polandia seperti programnya pak Gubernur NTB itu sangat bagus sekali,”imbuhnya.

Untuk mendukung itu kata Najmul, pihaknya juga sudah menyiapkan tes bahasa inggris (Toefl) di Dinas Dikpora secara gratis.

“Toefl nya kita geratiskan,
jika nanti sekiranya ada kesusahan menemukan tes tuple di luar silahkan untuk ikut tuple di lombok utara,”ujarnya.

Menurutnya, yang menjadi kesulitan anak-anak dalam mengakses baesiswa keluar negri ini adalah tes toefl itu sendiri, oleh sebab itu, pihaknya meyakini jika ada proses pembelajarannya terlebih dahulu maka akan mempermudah dalam tes.

“Memang kesulitan anak-anak kita itu pada tes toefl, banyak yang kandas disitu, karena itu kita siapkan untuk pembelajaran bahasa inggrisnya, karena nanti jika sudah sampai tes toefl pasti akan ada gambaran agar anak-anak kita lulus sebanyak-banyaknya ,”tukasnya.

Najmul menjelaskan, didalam mengurim anak-anak di NTB keluar negeri, tentu pak gubernur tidak akan sembarang memlilih universitas, Najmul meyakini pasti pak gubernur menentukan universitas yang jauh lebih bagus di atas universitas di NTB bahkan di Indonesia.

“Iya kalau setara dengan universitas disini kan ngapin keluar negeri, disini saja bisa, jadi pasti pak gubernur memilih universitas yang lebih bagus ketimbang disini,”jelasnya.

Lebih lanjut Najmul berharap, setelah anak-anak yang kulyah di luar negri ini nanti kembali, pihaknya menginginkan agar orientasi anak-anak ini hanya menjadi seorang PNS saja, karena banyak sekali sektor-sektor yang dapat digaeap di KLU contohnya sektor pariwisata, dan rencana pembangunan global hub.

“Jika nanti ini (Global Hub.red) sudah jadi maka tentu akan menyerap banyak tenaga ahli. nah apabila anak-anak kita ini sudah lulus dengan wawasan yang bagus tentu akan mampu diserap dengan tenaga khusus disitu. karena sebaik apapun SDA kita jika tidak dikelola oleh orang dengan SDM yang bagus tentu tidak akan maksimal,”pungkasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here