LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Jika anda berprofesi sebagai penggali sumur, berhati hatilah jika lokasi galian sumur berdekatan dengan kandang hewan piaraan. Karena kotoran lama yang sudah menyatu dengan tanah bisa menghasilkan bio gas yang sangat tinggi. Seperti dialami Amaq Radia alias Amaq Sengat (65) seorang penggali sumur asal Tanak Song Lauk desa Jenggala Kecamatan Tanjung Lombok Utara.
Ia ditemukan tak bernyawa lagi di dalam sumur yang digalinya.
Diduga korban lemas dan meninggal akibat zat berbau gas yang dihirup didalam sumur yang digalinya.

“Korban diduga meninggal dunia karena lemas menghirup udara dalam sumur yang seperti bau gas,” ungkap Araruna, Pusdalops BPBD KLU, Rabu (5/12).

Dikatakannya, peristiwa itu berawal sekitar pukul 11:00 wita, dimana waktu itu korban sedang menggali sumur hingga kedalaman kurang lebih 7 meter. Beberapa saat kemudian, korban tiba tiba terkulai lemas di dalam sumur.

Korban meninggal Amaq Radia alias Amaq Sengat (65) seorang penggali sumur asal Tanak Song Lauk desa Jenggala Kecamatan Tanjung Lombok Utara.

Warga sempat memberikan pertolongan dengan berusaha turun ke galian sumur tapi mereka tak bisa melanjutkan karena kerasnya sengatan bau gas dari dalam galian sumur.

“Warga yang mencoba turun untuk membantu tidak tahan dengan udara di dalam sumur yang menyengat seperti bau gas,” katanya.

Merasa kewalahan, masyarakat melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD KLU, BPBD pun langsung meminta bantuan tim SAR Bangsal untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

Sekitar pukul 13.30 Wita, tim SAR datang dengan peralatan lengkap. Tim juga turun dibantu TNI, Polri, BPBD dan masyarakat sekitar. Kemudian tepat pukul 15.20 Wita korban berhasil diangkat dalam keadaan meninggal.

Korban diperkirakan meninggal akibat menghirup aroma dan kadar gas yang cukup tinggi di dalam sumur, sebab tempat korban menggali sumur bersebelahan dengan kandang sapi. Kotoran sapi yang menumpuk selama bertahun-tahun itu diduga telah menjadi bio gas yang dihirup korban.

Selanjutnya jenazah korban diserahkan pada keluarganya untuk segera dimakamkan.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here