LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus memberikan imbauan kepada Warga agar senantiasa waspada terhadap cuaca buruk (ekstrem) yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Pasalnya, peralihan cuaca dari musim panas ke musim penghujan cukup berdampak terhadap potensi-potensi bencana baru seperti banjir, longsor, angin puting beliung, dan pohon tumbang.

“Kita imbau kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati pada peralihan cuaca eskrtim ini,” ujar Pusdalops BPBD Lombok Utara Araruna, Jumat (7/12).

Dikatakannya, Kabupaten termuda di NTB ini termasuk salah satu daerah yang masuk dalam katagori rawan bencana dan juga masuk dalam pemetaan terhadap titik rawan bencana.

Menurutnya, di dua wilayah yakni Kecamatan Bayan dan Kayangan masuk sebagai titik rawan angin puting beliung, kemudian kecamatan lain yakni pemenang, tanjung dan gangga masuk dalam katagori rawan banjir dan longsor.

“Ini perlu diwaspadai, kalau ekstrimnya terjadi di lima kecamatan ini. Untuk mengetahui titik-titik itu kita tetap mengacu pada peta kebencanaan BPBD,”ungkapnya.

Araruna menjelaskan, menurut informasi yang diterima dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 7-9 Desember sekitar pukul 08.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita diperkirakan tinggi gelombang 0,5-1,25 meter.

Kemudian, intensitas hujan diprediksi terjadi pukul 14.00 Wita dan 17.00 Wita dengan kondisi lebat, lalu pukul 08.00 Wita dan malam hari kembali cerah, suhunya 24-32 derajat celcius, angin 30 km/jam, dan kelembaban 55-95 persen.

“Tiga hari kedepan berpotensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari,”jelasnya.

BPBD menaksir hujan yang terjadi sekarang ini termasuk hujan permulaan, dan diperkirakan masih berlanjut hingga bulan April 2019 dengan intensitas variasi di masing-masing kabupaten.

“Kita tetap mengupdate informasi dari BMKG. Kemudian kita sampaikan ke masyarakat untuk tetap waspada,” tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here