LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) Lombok Utara mulai mengerahkan personilnya untuk membersihkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) calon peserta pemilu yang bandel memasang di atributnya di zona terlarang.

“Semua personil turun di semua kecamatan tadi, berdasarkan SPT yang ditantangani pak Kasat, tiap kecamatan ada delapan anggota yang diturunkan,”ungkap Kasi Trantibun Satpol PP Abdul Rais, Senin (3/12).

Dikatakanya, semua personil dikerahkan untuk menertipkan APK di Lima kecamatan secara sekaligus. adapun pola yang digunakan, pihaknya membagi sejumlah tim di tiap-tiap kecamatan untuk menyasar APK yang banyak terpasang di pohon dan tiang listrik.

“Semua personil turun di semua kecamatan tadi, berdasarkan SPT yang ditantangani pak Kasat, tiap kecamatan ada delapan anggota yang diturunkan,”ungkapnya.

“SPT yang dikeluarkan untuk menertibkan APK para calon ini berdasarkan surat permintaan dari Bawaslu,”imbuhnya.

Pelarangan penggunaan pohon menjadi target kampanye padahal sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 15 Tahun 2013 meski demikian masih banyak para caleg ini yang terkesan tidak mengindahkan aturan itu.

“Pada pasal 17 ayat 1, sudah jelas disebutkan, alat peraga kampanye tidak ditempatkan pada tempat ibadah, tempat pelayanan kesehatan, sara pendidikan jalan protokol,”terangnya.

Lebih lanjut Rais mengungkapkan, dalam penertiban kali ini ada sekitar ratusan APK yang ditrunkan pada zona terlarang di sejumlah jalan Kabupaten. APK yang ditemukan itu rata-rata berupa poster. Mulai dari poster DPR Propinsi, DPR pusat, hingga DPD pusat.

“Kami hanya mengamankan APK di jalan utama kabupaten, untuk jalan kecamatan nanti Bawaslu kecamatan yang sudah siap tangani, dan untuk saat ini ratusan APK itu sudah diamankan di kantor satpol pp,”tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here