MATARAM, KANALNTB.COM
Pemilihan Calon Anggota Legislatif 2019, Bawaslu NTB akan mengawasi ketat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Hal tersebut disadari Bawaslu karena posisi Panwas sebagai sebuah badan penyelenggara pemilu juga rentan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi  atau barangkali kepentingan pemenangan calon tertentu yang berkompetisi. Untuk itu Bawaslu sebagai Badan pengawasan pemilu tertinggi di daerah akan mengawasi hingga memberikan sanksi tegas, bila ada anggota yang bermain mata dengan salah satu tim sukses calon.

“Kan harus diklarifikasi dulu. Kalau ditemukan keberpihakan bisa masuk pelanggaran kode etik dan sanksinya teguran sampai pemecatan. Dan yang sidang DKPP,”ungkapnya.

Demikian disampaikan Divisi Informasi, Data, dan Komunikasi Bawaslu NTB, Suhardi, saat mengisi Sosialisasi Pelanggaran Pemilu di Rumah Sasak Udayana, Selasa (6/11).

Kata dia, jika ada anggota Panwascam terbukti bermain dengan tim sukses dari pasangan calon, maka anggota Panwascam akan langsung ditindak.

“Kita pasti tindak. Setelah diklarifikasi jika ditemukan ada keberpihakan sesuai aturan kode etik sanksinya mulai dari teguran hingga pemecatan. Dan kalau pemecatan itu kewenangan DKPP,” ucap Suhardi.

Dia juga berharap masyarakat ikut mengawasi kinerja panwas di lapangan, apabila ada temuan difoto dan di sher ke Bawaslu.

“Kami sebagai pengawas juga tidak ada yang awasi, ya masyarakat lah, jumlah kita sedikit,” katanya.

Suhardi juga sangat yakin tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. “Kita tidak ada alergi dengan kritik, kita pastikan supaya itu tidak terulang,” harapnya. (Pur)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here