LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Menteri tenaga kerja (Menaker) memberikan pelatihan berbasis kompetensi (PKB) bidang konstruksi bangunan kepada sebanyak 64 orang warga di dua Desa yakni di Bentek dan Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Pelatihan PKB merupakan pilot projek Desa Migran Produktif (Migratif) Menteri
Tenaga Kerja bagi warga ditengah kondisi Lombok Utara paska bencana gempa yang meluluhlantahkan puluhan ribu rumah warga.

“Kita bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur yang bertujuan agar bisa warga yang mendapatkan pelatihan bisa manfaatkan sebagai tenaga tukang. Minimal mereka bisa membangun sendiri rumah mereka yang sudah rubuh akibat gempa,”ujar Staff khusus Menteri
Tenaga Kerja Marian Maghdalena, usai menghadiri pembukaan pelatihan,
Senin (5/11).

Menurutnya, puluhan warga yang sudah diberikan pelatihan keterampilan
ini nantinya akan lebih bagus lagi bisa di manfaatkan oleh daerah membantu. Terlebih, di Lombok Utara ada puluhan ribu rumah warga yang rusak akibat gempa.

“Jadi setelah dilatih nanti mereka bisa merealisasikan kemampuan yang
diberikan itu minimal di sekitar dusun mereka masing-masing,”terangnya.

Program desmigratif jelasnya, merupakan program unggulan Menteri sebagai tanda pemerintah itu hadir mengurus TKI dan keluarganya.

Desa Migratif lanjutnya mempunyai satu layanan migrasi sebagai tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi ke luar negeri, selain itu ada program usaha produktif dengan memberikan pelatihan barang produksi sehingga lebih produktif bagi eks TKI. Yang ketiga ada komuniti parenting bagi anak-anak yang
ditinggal oleh keluarganya ke luar negeri.

“Ada 252 desa Se-Indonesia yang menjadi pilot projek kami dan ada rumah edukasi atau rumah untuk anak-anak yang ditinggal orang tuanya ke luar negeri yang nantinya bisa menjadikan rumah edukasi
sebagai tempat bermain,”paparnya.

“Kami berharap program ini nantinya berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat. Sekarang yang di latih ada 64 orang yang nantinya bisa melatih warga yang lainnya juga untuk menjadi tukang yang handal,”tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lombok Utara H. Suardi mengaku sangat
bersyukur pemerintah pusat melalui Menaker memberikan perahtian kepada warga.

“Lebih-lebih ditengah kondisi Lombok utara sekarang ini,”ujarnya.

puluhan ribu rumah warga membutuhkan tenaga tukang untuk membangun rumah-rumah yang rusak. Paling tidak, mereka bisa membangun rumah mereka masing-masing.

“Dengan kondisi sekarang ini, Lombok Utara banyak harapan ke pemerintah pusat. Bukan hanya dari Tenaga Kerja melainkan menteri yang lain. Sekarang ini hadir staff khusus Menaker memberikan pelatihan tukang yang benar-benar di butuhkan oleh kita,”tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here