LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM -Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa tengah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Lombok Utara (KLU) berencana akan membangun hunian tetap (Huntap) untuk korban gempa di Desa Pendua, Kecamatan Kayangan.

Hal tersebut mencuat setelah PMI KLU dengan Pemkab Klaten menandatangani nota kesepahaman berupa (MoU) di pendopo Bupati KLU, Jumat.

Dengan disaksikan langsung oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Sekda Lombok Utara H.Suardi, pemkab Klaten selaku penyedia anggaran langsung menandatangani MoU dengan jumlah donasi yang disalurkan sebesar Rp 2 Miliar lebih.

“Kita kerjasama dengan PMI, dengan anggaran yang ada nantinya digunakan untuk membangunkan masyarakat rumah permanen,”ungkap Kepala BPBD Pemkab Klaten Bambang Giyanto yang ditemui Wartawan usai penandatanganan MoU.

“Untuk proses pembangunan Huntap, PMI nanti berperan dalam memfasilitasi proses pembangunannya,”sambungnya.

Dikataknnya, sebelum melakukan MoU dengan PMI KLU, pihaknya mengaku sudah meninjau lokasi yang akan diberikan bantuan Rumah permanen tersebut.

Menurutnya, dengan melihat jumlah kerusakan rumah dan banyaknya korban jiwa di kecamatan kayangan, pihaknya langsung setuju saat lokasi itu yang di rekomendasikan oleh pihak PMI KLU.

“Dana yang kami salurkan untuk Lombok Utara ini merupakan donasi dari masyarakat Klaten, kami sebelumnya telah membuka rekening bantuan korban bencana Gempa Lombok dan saat ini kami salurkan ke Lombok Utara melalui PMI,”bebernya.

Sementara itu, Ketua PMI Lombok Utara Endri Susanto menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pemkab Klaten, PMI nantinya akan memberikan peluang masyarakat mengerjakan pembangunan rumah permanen tersebut, dengan cara itu masyarakat memilki income untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini.

“Kami berikan keleluasaan untuk masyarakat dalam proses pembangunannya, yang tentunya dengan struktur ramah tahan gempa, “ujarnya.

Endris menjelaskan, untuk target pembangunan Huntap ini kedepan, pihaknya memplot sebanyak 40 unit, yang rencananya akan dimulai pada awal November ini.

“Prioritas kita nanti, warga yang rumahnya rusak berat, terdapat lansia didalamnya, dan beberapa kategori lainnya,”jelasnya.(Eza).

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here