LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Progres pelebaran jalan dari Polsek sampai dengan universitas NW di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) kini sudah sampai tahap awal yakni sosialisasi dengan pemilik lahan yang akan dibebaskan.

“Kini kita sudah sampai tahap awal yakni sosialisasi. Pelebaran jalan itu dari polsek tanjung sampai dengan universitas NW di Kecamatan Tanjung,”ungkap Kepala Dinas PUPR KLU M.Zaldy Rahardian ST, MT.

Kemudian lanjutnya setelah sosialisai ini pihaknya akan mengumpulkan warga untuk melakukan pendataan hak milik tanah yang terkena pelebaran.

“Begitu data masing-masing pemilik tanah sudah ada barulah bersama tim kita turun mematok sehingga nanti disana keliatan berapa luasan lahan warga yang kena,”ujarnya.

Zaldy mengatakan, untuk konsepnya sendiri akan sama dengan pembebasan lahan di komplek pertokoan Tanjung waktu lalu yakni tanah warga akan dibebaskan sekitar 10 meter dari as jalan kiri dan kanan.

Terkait biaya dari pembebasan ini, untuk kebutuhanya kata Zaldy pihaknya memprediksi hampir sama dengan dana yang di habiskan untuk pembebasan lahan di pertokoan di tanjung.

Saat pertemuan (kemarin.red) pihaknya melihat semua warga sudah setuju, karena intinya masyarakat ini hanya ingin meminta kejelasan sejauh mana batasan tanahnya yang akan kena dampak ini.

Yang ke dua, masyarakat menanyakan apakah semua yang dibebaskan baik itu bangunan, pohon, tembok dan lain-lainnya akan di ganti rugi juga.

“Nah setelah mendengar penjelasan dari kita apalagi akan menggunakan harga pasar. Saya yakin tidak akan ada kendala. Selama ini kan masyarakat acuanya NJOP itu saja tetapi, sekarang sudah menggunakan harga pasar jadi apapun yang bernilai ekonomis akan di hitung dan diganti untung,”tegasnya.

“Walaupun mereka menunggu pun, misalkan harga tanahnya Rp 10 jt dan pembayaranya menunggu sampai 6 bulan. Untuk menunggu itu pun akan di hitung jadi. Enak kok sekarang hitung-hitungan ganti untung itu sudah detail semua akan dihitung,”tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here