LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Meski sudah dua kali diberikan teguran oleh pihak Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) Aktivitas penambangan galian C di Dusun Telaga Wareng Desa Kecamatan Pemenang Barat terus berjalan.

Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 tahun 2011 tentang tata ruang wilayah (RT/RW) mengatur bahwa wilayah Kecamatan Pemenang merupakan kawasan wisata yang bebas dari aktivitas penambangan.

“Kita dari tim pengendali Perda sudah turun menanyakan terkait dokumen perizinannya. Benar memang aktivitas penambangan galian C itu tidak mengantongi izin penambangan,”ujar Kepala Bagian Pembangunan Setda Lombok Utara, Lalu Majemuk, Kamis (8/11).

Dikatakannya, turunnya pertama kali tim pengendali tidak dalam kapasitas menyetop langsung melainkan menanyakan kepada mereka terkait izinnya. Namun, tim kembali turun untuk yang kedua kalinya lengkap bersama sat pol PP mengarahkan kepada pengusaha untuk mengurus kelengkapan dokumen izinnya.

“Kita minta memberhentikan aktivitasnya. Namun sampai sekarang mereka tetap melakukannya sehingga kami bersama tim pengendali mengundang mereka ingin menanyakan langsung alasanya mereka tidak berhenti menggali,”katanya.

“Kita undang mereka guna mencari solusinya. Tetapi kita belum libatkan Aparat Penegak Hukum (APH) dulu karena kita selesaikan di internal dulu,”imbuhnya.

Menurutnya majemuk, terkait aktivitas penambangan di wilayah tersebut, pemda bukan melakukan pembiaran,
melainkan tim sudah dua kali menyambangi sekaligus menanyakan langsung izinnya.

“Kalau mereka komersilkan, sudah jelas itu melanggar aturan, tetapi pengusaha melakukan itu dengan dasar ketidak tahuan,”katanya.

Terpisah, pengawas penambangan, Sairi mengaku aktivitas galian C tidak mengganggu dan tidak dipersoalkan oleh warga masyarakat sekitar. Karena, penggalian dilakukan dilokasi sendiri untuk kebutuhan penimbunan bangunan usaha SPBU.

“Saya sudah bicara dengan bupati bahwa lokasi galian C ini akan ditata setelah kebutuhan untuk timbunan SPBU selesai nantinya. Dengan ada nya SPBU nantinya akan menyerap tenaga karyawan juga, jadi tidak ada yang dirugikan,”tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here