LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Sebanyak 60 masyarakat di Kabupaten Lombok Utara (KLU) diberikan pelatihan kompetensi dan keterampilan pengolahan kayu (Tukang kayu). Pelatihan yang dipusatkan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR KLU) itu bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya masyarakat dalam mempercepat rehabitasi dan rekontstruksi pasca bencana alam gempa bumi.

Kepala Dinas PUPR M Zaldy Rahardian ST, MT, mengatakan pemberian pelatihan kepada 60 masyarakat KLU ini merupakan kerjasama dengan Jasa Konstruksi (Jakun) wilayah IV Surabaya, dimana pelatihan ini digelar mulai hari ini (Kemarin.red) 27 sampai dengan 29 November.

“60 orang ini seluruhnya merupakan warga asal KLU. Semua ini diambil diseluruh Kecamatan mulai dari Pemenang sampai dengan Kecamatan Bayan,”ujarnya Zaldy kepada wartawan, Kamis (29/11).

Setelah para peserta ini nanti mengikuti pelatihan lanjut Zaldy, selesainya kemudian langsung akan diberikan sertifikat komfetensi dari balai jakun wilayah IV Surabaya.

“Setelah nanti dapat sertifikat masyarakat ini juga bisa dimanfaatkan di masing-masing pokmas untuk pembangunan rumah instan Kayu (Rika),”ujarnya.

Zaldy menjelaskan, Pelatihan tukang kayu ini merupakan kali ketiga yang sudah di kerjasamakan PUPR, sebelumnya, pihak dinas sudah melatih 32 tukang besi dan 50 tukang cor beton.

“Pelatihan ini sudah kali ketiga yang di lakukan PUPR,”jelasnya.

Lebih lanjut Zaldy mengungkapkan, setelah melihat hasil karya dari para peserta pelatihan ini, pihaknya meyakini para tukang-tukang ini akan mampu menjadi tukang yang kompeten dibidangnya, selain itu juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat itu sendiri.

“Mereka sekarang sedang dilatih buat berugak dan rumah kayu,”tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here