MATARAM, KANALNTB.COM
Penantian cukup panjang akhirnya hasil Tes CAT CPNS resmi diumumkan oleh Badan kepegawaian daerah (BKD) Provinsi NTB. Dari data validasi yang diterima diperoleh sebanyak 378 CPNS NTB 2018 yang bisa mengikuti tahap selanjutnya yakni ujian SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) dari 433 formasi yang tersedia. Namun sebanyak 75 Formasi masih lowong diantaranya yang tertinggi dari Tenaga Kesehatan dan Guru Mata Pelajaran.

Kepala BKD Provinsi NTB H Fathurrahman, dalam rilis yang kanalntb.com terima, Minggu malam (25/11) menyebutkan bahwa setelah melakukan validasi data sesuai PermanPAN-RB 37/2018 dan 61/2018 diperoleh sebanyak 378 orang Formasi yang lulus mengikuti SKB dari 433 orang Formasi yang diperlukan. Artinya sebanyak 75 orang formasi masih belum terisi atau lowong karena tidak ada pelamar dan tidak ada yang memenuhi passing grade sesuai ketentuan PermenPAN 61/2018.

“Sebanyak 75 formasi lowong tersebut terdiri dari Tenaga kesehatan 45 Formasi terbanyak adalah Dokter Spesialis ahli pertama 42 orang sisanya Nutrisionis Ahli Pertama, Teknisi Elektromedis trampil dan Teknisi Tranfusi Darah. Sedangkan untuk tenaga guru sebanyak 30 formasi lowong terbanyak formasi guru Mata Pelajaran (Mapel),” katanya.

Dijelaskannya, hasil validasi data sementara dan hasil analisa sementara yang dilakukan intern oleh BKD NTB untuk formasi Pemprov NTB yang akan dipakai sebagai data pembanding pada saat penetapan hasil yang lolos ke tahap skb di Panselnas/KemenPAN-RB sesuai ketentuan permenpan 37/2018 dan 61/2018. Yang lulus passing grade 114 orang sesuai permenpan 37/2018.

“Tapi setelah dilakukan perangkingan 3 besar sesuai dengan formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan serta lokasi yang dilamar hanya 108 orang yang berhak ke tahap SKB. Artinya ada 6 orang yang tidak lolos ke tahap SKB,”ungkapnya.

Sedangkan, perangkingan yang dilakukan sesuai PermenPAN-RB 61/2018 nilai skor 255 keatas sebanyak 1.868 orang, tetapi setelah perangkingan 3 besar menjadi 705 orang sesuai formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan serta lokasi yang dilamar. Sehingga jumlah pelamar yang berhak mengikuti tahap SKB sebanyak 813 orang.

“Tetapi kalau mencermati PermenPAN 61/2018 kekosongan tenaga guru ini bisa nantinya diisi setelah integrasi nilai SKD dan SKB bagi formasi guru yang bersesuaian di lokasi yang berbeda atau diambil rangking 2 atau 3 terbaik dan seterusnya, sesuai jumlah formasi kosong yang bersesuaian hasil integrasi nilai SKD dan SKB untuk di distribusikan ke formasi yang lowong dan dilokasi yg berbeda artinya akan ada tambahan formasi yang terisi,”ungkapnya.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan praktis akan lowong karena tidak ada formasi yang bersesuaian di lokasi yang berbeda.

“Hal ini yang menjadi proritas usulan rekomendasi kita ke KemenPAN-RB untuk bisa dilakukan formasi khusus bagi Dokter Spesialis yang memang sangat di butuhkan oleh Pemda, terutama kaitan dengan umur saat melamar,”katanya.

Pemprov dan kab/kota bersepakat untuk kembali menggelar rakortek menyingkapi terbitnya PermenPAN 61/2018 dan materi paparan yang disampaikan kemenpanrb serta persiapan pelaksanan SKB besok senin di kantor BKD Provinsi NTB,”

Ditambahkannya, pelaksanaan SKB masih tentatif diperkirakan tgl 4-12 desember setelah adanya penetapan oleh panselnas terkaitan dgn pelamar yg lulus SKD utk ketahap SKB.

“Tempat pelaksanaan SKB untuk Provinsi NTB akan bergabung dengan UPT BKN Mataram yang direncanakan di GIB Panji Tilar Mataram,”tutupnya. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here