LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar operasi pasar di Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang merupakan salah satu Daerah terparah terdampak gempa, kamis (6/9).

Operasi pasar (OP) itu dilakukan untuk menekan dan menstabilkan harga bahan pokok (Bapok) dan bahan bangun yang beberapa minggu ini mulai tinggi.

“Kehadiran operasi pasar ini untuk stabilisasi harga bapok dan bahan bangunan di KLU,”ungkap Kadis Perdagangan Provinsi NTB Hj Putu Selly Andayani kepada KanalNTB.Com, di Pasar UKM Kecamatan Tanjung.

Dikatakan Selly pada OP Kali ini Disprindag menyediakan semua jenis Bapok, ada daging, beras dan bahan bangunan, ini untuk masyarakat terdampak gempa di KLU. selain itu, pihaknya juga menghadirkan ritel moderen di oprasi Kali ini sebab kata Selly mereka yang bisa menjual bapok dibawah harga HET. ” Saya liat aktifitas ekonomi sudah mulai hidup, pasar sudah mulai operasi dan UKM juga sudah mulai bangkit ini kita untuk itu, OP ini kita gelar sebagai stimulan saja setelah harga bapok dan bahan bangunan stabil nanti kita mundur dan masyarakat KLU yang di depan,”ujarnya.

Selly menyebut memang ada toko-toko bangunan di KLU yang sudah mulai buka tetapi harganya relatif mahal. Selly mencontohkan dari bahan bangunan berupa semen saja ada yang menjual dengan harga 65 ribu persak, untuk itu disini pihaknya menjual dengan harga 55 ribu, otomatis besok para pengecer akan menjual dengan harga yang sama karena masyarakat lebih memilih harga murah.

“Itulah bentuk persuasif yang kita lakukan dan stoknya banyak ini khusus untuk masyarakat KLU dan Lobar yang terkena bencana,”terangnya.

Ditambahkan Selly ini yang dikatakan pemerintah harus hadir di tengah masyarakat jika menunggu seperti rumah rihsa, rita dan rumah rimba yang masih ada juglak masyarakat yang punya rumah rusak ringan itu kan butuh semen paku dan sebagainya untuk memperbaiki rumahnya.
maksudnya apa, agar warga yang ada di pengungsian bisa secepatnya kembali ke rumahnya masing-masing.

“Mungkin dirumahnya cuman retak rambut ini ada semen dan harganya murah jadi masyarakat yang ada di KLU boleh membeli untuk kebutuhan rumahnya silahkan ada arco, tandon semua lengkap,”tandasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here