LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Gempa bumi yang mengguncang pulau Lombok dan NTB saat ini, tidak mengganggu dunia pariwisata di Lombok Tengah khususnya. Pasalnya, kondisi di Lombok Tengah masih aman dan nyaman dikunjungi dan ditempati wisatawan.

Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT menegaskan, apa yang terjadi di pulau Lombok saat ini, tidak semua wilayah dari bumi Lombok ini terkena dampak yang sama, seperti yang terjadi di Lombok Utara, Lombok Timur mupun beberapa kabupaten dan kota di Lombok. Khususnya di Loteng, dampak yang kita rasakan akibat gempa bumi ini tidak terlalu berdampak.

Sehingga kondusifitas dan aktivitas masyarakat masih tetap dalam kondisi normal. Sama halnya sarana dan prasaran, seperti infrastruktur, akomadasi dan transportasi untuk pariwisata itu masih normal tidak ada pengaruh. Apalagi, secara psikologis keadaan masyarakat masih dalam keadaanya tenang. “Intinya kondisi Loteng masih tetap kondusif, aman dan nyaman dikunjungi, ditempati dan dinikmati keindahannya. Walaupun sempat diterpa bencana gempa bumi,” katanya.

Ini bisa dibuktikan, masih ada beberapa wisatawan yang hadir menikmati destinasi wisata yang ada di Loteng, seperti yang terlihat di pantai Selong Belanak. Sehingga, issu yang digiring mengatakan Lombok sebentar lagi tenggelam, itu tidaklah benar. Buktinya, wisatawan masih enjoy menikmati pemandangan dan keindahan yang ada di pantai selatan Lombok Tengah. “Pokoknya isu negatif soal Lombok, khususnya Loteng itu tidaklah benar. Bisa dibuktikan seperti yang ada di pantai selatan Loteng,” ujarnya.

Sementara, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Loteng, HL Fathurrahman menegaskan, Loteng masih aman dikunjungi. Itu bisa dilihat dari semua infrastruktur tidak ada yang rusak, termasuk jalan. “Semua dalam kondisi normal,” terangnya.

Hanya saja, Loteng kena imbas dari gempa bumi yang terjadi. Apalagi, dalam pemberitaan disebutkan gempa bumi Lombok. Sehingga, inilah yang membuat asumsi bahwa Loteng juga ikut terdampak parah oleh gempa bumi yang terjadi.

Padahal, Loteng masih aman. Artinya, dalam pemberitaan itu, tidak disebut secara spesifik, misalnya gempa bumi terjadi di Lombok Utara, Lombok Timur dan beberapa kabupaten/ kota lainnya. “Atas pemberitaan inilah membuat kunjungan wisatawan di Loteng juga terganggu dan menurun,” terangnya.

Padahal, di Loteng masih aman dan nyaman untuk dikunjungi. Terlihat dari sejumlah wisatawan masih asyik menikmati keindahan yang ada. Namun, bila dibandingkan dengan tahun lalu, dibulan yang sama, yakni Agustus dan September, tidak bisa dibayangkan jumlah wisatawan yang datang. Malah seperti pasar di pantai. “Data sementara jumlah hunian kita hanya mencapai 10 persen. Berarti 90 persen jumlah hunian berkurang. Malah tahun lalu sampai tidak ada tempat menginap,” jelasnya.

Pantauan di pantai Selong Belanak, sejumlah wisatawan malah asyik menikmati keindahan pantai yang ada. Malah mereka dengan leluasa bermain selancar. (Hiz)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here