LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM -Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan menggunakan rumah standar anti gempa untuk merekpri rumah-rumah yang rusak akibat gempa 7,0 SR yang mengguncang daerah tersebut baru-baru ini.

Rencana tersebut diungkapkan Bupati KLU Najmul Akhyar SH MH menyusul adanya tawaran kerjasama dari Indonesia Hiuman Sistem (IHS) Jepang terkait disain rumah anti gempa di KLU.

“Ya itu bagus sekali, kita akan gunakan rumah anti gempa untuk merecovery rumah – rumah yang rusak,”Kata Najmul Akhyar

Dikatakannya, terkait ide dari rumah berstandar gempa tersebut kata Najmul itu sangat bagus sekali, oleh sebab itu untuk kelanjutannya nanti pihaknya akan terus berdiskusi dengan IHS soal standar rumah yang mungkin diterapkan di KLU.

“Nanti kita akan diskusikan terkait disain rumah anti gempa itu dan mungkin itu nanti bisa di terapkan baik di rumah-rumah yang akan kita bangun,”terangnya.

“Mudah-mudahan ini nanti menjadi contoh yang bisa kita pakai untuk kepentingan masyarakat banyak di KLU termasuk recovery rumah – rumah yang rusak akibat gempa,”imbuhnya.

Lebih lanjut Najmul menambahkan, selain recovery rumah-rumah warga disain rumah berstandar gempa juga akan di terapkan pembangunan pondok-pondok pesantren karena di sana juga banyak santri maupun santriwati tidur bersama.

“Di pondok-pondok pesanteren juga akan kita terapkan, di satu ruangan itu kan banyak anak-anak bahkan sampai sekitar 40 orang, bayangkan kalau bangunannya tidak standar gempa,”tandasnya.

Sementara itu Owner IHS Arakawa Jal mengatakan, menyoal rumah anti gempa ini kata dia sebenarnya IHS sudah membicarakan dan menjalin kesepakatan dengan pemda KLU jauh sebelum gempa lombok terjadi, maka dari itu minggu depan pihaknya akan ke Jepang untuk membicarakan kejelasannya dan pihaknya berharap deplover terbesar di jepang yang mampu membangun rumah 100 unit perhari agar bisa berkerjasama dengan pemda KLU.

“Sebenarnya kita sudah jalin kesepakatan dengan pemda KLU jauh sebelum gempa terjadi dan besok kita akan ke Jepang mudahan-mudahan kita dan pemda bisa jalin kerjasama,”pungkasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here