LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Djuwita F.M telah menyiapkan tenaga bedah medis untuk menangani korban gempa bumi Lombok NTB. sebab kata Nila korban gempa lombok khususnya di Kabupaten Lombok Utara (KLU) rata-rata mengalami patah tulang.

“Menkes sudah menyiapkan tenaga medis bedah untuk penanganan korban, karena korban rata-rata mengalami patah tulang,”ungkapnya rabu (8/8) di lapangan tiuq tata tunaq tanjung.

Selain itu lanjut Nila penanganan bedah dari tenaga medis menkes RI juga sudah menyiapkan beberapa tempat perawatan seperti RS Provinsi NTB, RS Bayangkara , RSUD Lotim, RSUD lobar, RS apung KRI Suharso yang disiapkan di pelabuhan Carik Bayan.

Sementara untuk Posko kesehatan yang di dirikan ditempat pengungsian dijelaskan fungsinya untuk menolong korban yang tidak perlu dibawa ke Rumah Sakit seperti korban mengalami sakit lecet atau memar.

“Kalau untuk luka ringan cukup di rawat di posko kesehatan,”katanya.

Lebih lanjut Nala menegaskan, terkait rehabilitasi untuk para korban gempa juga sangat penting dilakukan mengingat kondisi psikis masyarakat yang trauma dengan terjadinya gempa bumi tersebut.

“Rehabilitasi juga penting dilakukan, karena masyarakat tentu trauma dengan bencana ini,”pungkasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here