LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Penanganan dampak bencana gempa Lombok dinilai lamban pada pendistribusian atau penyaluran logistik untuk para pengungsi korban gempa. Masyarakat yang membangun tenda mandiri dan cenderung memilih ditempat ketinggian menjadi salah satu alasan penyaluran logistik lemah.

Deputi bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BNPN, Berbandus Wisnu Widjaja Sabtu (11/8) mengatakan kendala yang dihadapi sementara untuk penanganan bencana ini adalah lemahnya di komunikasi. Komunikasi mulai dari tingkat gresroot hingga ke titik satgas. Hal itu menurutnya, karena para pengungsi korban gempa ini tidak berada di satu titik yang diorganisir melainkan berpencar.

“Mereka lebih banyak mengungsi dan mendirikan tenda di tempat masing-masing kemudian di tempat yang terpencil dan tinggi yang memang sulit dijangkau,”ungkapnya.

“Rasa ketakutan para korban masih sampai dengan saat ini sehingga kita kesulitan melakukan komunikasi,”sambungnya.

Dijelaskannya, dari ketersediaan logistik yang dimiliki saat ini sudah cukup banyak. Itu belum dihitung logistik dari warga masyarakat yang datang membawa bantuan dari luar daerah.

Akan bagus nanti, kata Deputi, apabila warga korban yang masih terpencar bisa mengelompok. Itu akan lebih mudah didata dan penyaluran logistik bisa teratur.

“Tapi saya yakin persoalan ini akan segera teratasi karena bupati sudah menginstruksikan kepada seluruh komponen pemerintahan hingga ke tingkat dusun dalam keakuratan data,”terangnya.

Lebih lanjut, dalam 2-3 hari ini semua bisa tertata. Karena bantuan dari udara juga dipekerjakan seperti penyaluran dari udara dengan menggunakan helikopter.

“Yang kita perlukan untuk saat ini tenda, air bersih dan MCK. Untuk air bersih kita akan menggunakan sistem bor dan melalui pengisian tandon-tandon yang ditempatkan di titik sulit terjangkau,”tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Dr. TGH. Najmul Akhyar mengatakan pihaknya bersama semua tim sedang berbuat maksimal untuk para korban gempa.

“Semoga yang kita ikhtiarkan bisa mengembalikan kondisi masyarakat kita yang tertimpa musibah gempa ini,”pungkasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here