LOMBOK UTARA,KANALNTB.COM – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) beruntung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah Denmark. Denmark akan “mempermak” Gili Terawangan dengan bantuan pembuatan masterplan pengelolan sampah dan penguatan kelembagaan pengelolaan sampah di destinasi wisata unggulan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang tersebut.

“Awalnya kemarin ada NGO yang meminta dukungan kita untuk mengusulkan membangun pengelolaan sampah di Gili Trawangan,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perumahan Kawasan pemukiman KLU H. Rusdi kepada wartawan, kamis (5/7).

Secara kebetulan lanjutnya pemerintah Denmark ini sudah menjalin kerjasama selama 3 tahun dengan kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, dengan melihat kondisi kemarin di Gili Trawangan mereka kemudian tertarik untuk membuat grand disainnya di situ.

“Yang sudah dibuatin masterplan persampahan oleh pemerintah Denmark itu kota Surabaya dan Jakarta,”ujarnya.

Ditegaskannya, untuk saat ini, progres pembuatan master plan ini baru sampai tahap evaluasi dan penunjukan konsultan, dan kata Rusdi tenaga ahlinya ini nanti akan didatangkan dari luar negeri.

“mereka juga sudah mengevaluasi 5 dokumen penawaran dari konsultannya, Insha Allah Desember ini positif jadi masterplan,” tegasnya.

Dijelaskannya, disamping penguatan kelembagaan pengelolaan sampah pihak dinas nanti akan diberikan dana sebesar Rp 600 juta, untuk bangunan sendiri belum sampai di situ dan harapannya juga komplit dengan sarana prasarana bukan hanya master plan saja.

Selain itu, juga terakhir  kemarin ia ke Jakarta ada lembaga dari PT SNI, lembaga ini di bawah kementerian keuangan dia juga akan membantu masalah DED khusus yang dipusatkan di tiga gili

“Yang menjadi usul saya kemarin bukan hanya pasilitas persampahannya dan DED saja kalau bisa kita juga dibantu termasuk jalan lingkungan, karena itu merupakan sarana pengangkutan,” jelasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here