LOMBOK UTARA,KANALNTB.COM – Ribuan calon penerima bantuan Wira Usaha Baru (WUB) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) terancam dikurangi alias dipangkas. Alasannya, menyusul banyaknya calon penerima bantuan tersebut sudah memiliki pekerjaan lain dan sudah pindah domisili.

“Dari total 5000 itu ada ribuan yang akan di kurangi penyebabnya berparitif, ada juga yang sudah meninggal dan lain-lain,”ungkap Ispektorat KLU Zaenal Idrus.

Dikatakannya, selain karena persoalan itu faktor lain di internal SKPD terkait seperti tidak singkronnya proposal yang di ajukan dengan kegiatan juga berimbas terhadap pengurangan tersebut.

“Informasi yang kami terima rupanya ada yang belum nyambung, proposal yang sudah di verifikasi SKPD dengan kegiatannya, itu yang sedang kita rapatkan, kalok ndak singkron yah kita kembalikan dulu, itu kan tanggung jawab SKPD untuk verifikasi lagi,”ujarnya.

Terkait masalah Peraturan Bupati (Perbub) yang akan mengatur program preoritas tersebut di klaimnya baru saja selesai, hanya saja yang jadi persoalan itu tidak nyambung anatara proposal dan item kegiata yang sudah di verifikasi oleh setiap SKPD terkait.

“Proposalnya A kegiatannya B kan gak nyambung itu yang kita kembalikan dulu padahal itu sudah di verifikasi, itu makanya kita mintak hasilnya, berita acaranya, nanti kan akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan,”tukasnya.

Untuk itu lanjut Zaenal guna memberikan solusi terhadap persoalan tersebut, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan membantu mengsingkronkan datanya,

“Kita menilai hasil verifikasi SKPD itu ada beberapa yang belum klop kita akan sesuaikan dengan kriterianya nanti, yang tidak sesuai itu yang akan kita kembalikan, dan kita jalankan yang sudah sesuai,”sambungnya.

Lebih lanjut terkaiat pelaporan hasil ke KPK sendiri pihaknya mengaku sering melakukanya, selain itu pihaknya juga minta petunjuk, karena kata dia program ini lumayan besar anggaranya.

“Ke Ispektorat Jendral juga kita sudah sering, atau mungkin ke BPKP juga nanti kita minta pendapat,”pungkasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here