MATARAM, KANALNTB.COM – Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat secara resmi menetapkan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB hasil Pilkada 27 Juni 2018.

Ketua KPUD NTB, Lalu Aksar Ansori, Selasa, (24/07) mengucapkan selamat atas terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur NTB berdasarkan hasil Pilkada 2018.

“Tentu kami bersyukur dan bahagia sekaligus terharu rangkaian seluruh tahapan Pilkada ini dapat kami lalui dengan lancar dan kondusif sampai penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB terpilih usai dilaksanakan,” katanya.

Aksar mengakui, kesyukuran ini bertambah karena tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada NTB 2018 meningkat 75,12 persen dibanding Pilkada 2013 yang hanya mencapai 70,06 persen.

“Dari 17 provinsi yang melaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, NTB yang tertinggi partisipasi pemilihnya,” kata Lalu Aksar Ansori.

Bahkan, dikatakan Pilkada NTB tak satu pun ada perselisihan maupun sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), termasuk gugatan di DKPP dan tindak pidana pemilu, sehingga dipastikan masyarakat NTB sudah memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Terkait pelantikan, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Aksar mengungkapkan dilaksanakan pada 17 September di Istana Presiden di Jakarta.

“Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Presiden kita mendapat gelombang pertama, karena tidak ada gugatan dan perselisihan, beda dengan di beberapa provinsi yang masih ada sengketa,” katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB terpilih Dr Zulkielimansyah juga mengucapkan terimakasih bagi masyarakat yang telah memilihnya, juga bagi KPUD NTB dan pihak keamanan yang telah sukses menjalankan serta mengawal Pilkada dengan lancar dan kondusif.

“Bagaimanapun kita sangat bersyukur Pilkada di NTB berlangsung aman dan tertib. Tentu kami berterimakasih pada KPUD yang telah menyelenggarakan pemilu yang luar biasa. Ini kemenangan masyarakat NTB, juga pada pihak keamanan yang menyebabkan suasana berjalan kondusif,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan telah mendatangi calon-calon lainnya yang turut berkompetisi dalam Pilgub NTB 27 Juni 2018. Bagi Dr Zul, calon-calon lainnya merupakan sahabat yang akan membantunya dalam memajukan NTB ke depan.

“Terpenting saat ini adalah kita sudah menunjukan kematangan berdemokrasi. Kita sudah bertemu calon-calon lain. Kami kembali seperti semula bersahabat. Kalaupun pada saat kompetisi ada perbedaan semua sudah berlalu. Terpenting saat ini empat pasangan bersama-sama bersatu membangun NTB,” terangnya.

Pelaksanaan penetapan Gubernur dan Wagub NTB terpilih yang dilaksanakan disalah satu hotel di kota Mataram berlangsung meriah dengan dikawal ratusan personel kepolisian. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
4
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here