LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Bakal calon legislatif (Bacaleg) yang dipasang Partai Politik (Parpol) di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ternyata banyak ditemukan menggunakan ijazah lulusan kejar Paket C.

Penggunaan ijazah paket C ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah memeriksa berkas persyaratan semua bacaleg. “Pileg tahun ini banyak kita temukan bacaleg gunakan ijazah paket C,” ungkap Ketua Divisi Hukum KPU Lombok Tengah, Zaeroni di ruang kerjanya, Selasa (24/7).

Tapi, jelas Zaeroni, hal ini tidak menjadi masalah. Karena ijazah paket C sederajat dengan ijazah SMA. Dalam aturan juga, syarat bisa menjadi calon legislatif harus berijazah SMA atau sederajat, termasuk paket C. “Malah ada caleg berijazah paket C, tapi sudah memiliki ijazah sarjana (S1),” ujarnya.

Namun, walaupun telah memiliki ijazah sarjana, caleg wajib mencantumkan ijazah SMA atau sederajat. Sehingga, atas dasar itulah, pihaknya ketahui banyak caleg menggunakan ijazah paket C pada Pileg 2019. “Untuk ijazah palsu belum ada kami temukan,” ungkapnya.

Hanya saja lanjut Zaeroni, dalam penyerahan perbaikan berkas ke parpol, rata-rata pihaknya temukan banyak caleg yang belum melampirkan legalisir ijazahnya, menyertakan KTP, kesalahan pada keterangan sehat, kades dan ASN yang mencalonkan diri ada yang belum meyerahkan surat resmi pernyataan pengunduran diri serta syarat lainnya.

“Kekurangan berkas ini bisa dilengkapi paling lambat tanggal 31 Juli,” terangnya.
Kemudian, tanggal 1-7 Agustus akan dilakukan verifikasi terhadap perbaikan calon. Setelah itu, tanggal 8-12 Agustus penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS). Tanggal 12-21 tahap masukan dan tanggapan masyarakat.

Selanjutnya, tanggal 20 September penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). “Bila disana nanti ada ditemukan, caleg mantan Koruptor, pelecehan seksual, bandar narkoba dan kades yang belum menyerahkan SK resmi pengunduran dirinya, kami akan coret atau masuk pada kriteria Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” tungkasnya. (Hiz)

1
50%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
50%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here