MATARAM, KANALNTB.COM
Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB berencana menyampaikan hasil verifikasi administrasi daftar bakal calon legislatif Sabtu, (21/07). “Verifikasi sudah selesai, besok akan diserahkan ke parpol.,” ujar Komisioner KPU NTB, Suhardi Soud, Jumat, (20/07).

Menurut Suhardi, ada dua tahapan verifikasi yang dilakukan KPU terhadap data bakal caleg. Pertama, tahapan verifikasi kelengkapan administrasi. Kedua, verifikasi keabsahan berkas. Untuk kelengkapan sudah hampir seluruh partai selesai. “Semua parpol belum sempurna di syarat calon, ada beberapa parpol yang relatif baik tapi beberapa persen.” katanya.

Suhardi mengatakan KPU tengah memasuki tahapan verifikasi keabsahan berkas. Menurut dia, dalam tahap ini KPU mengecek keaslian berkas seperti ijazah, surat keterangan sehat jasmani rohani, dan sebagainya. “Ijazah yang belum dilegalisir, ada anggota DPRD yang kosong menyebutkan profesi sebagai anggota lain. Anggota DPRD belum menyertakan surat mundur,” ucapnya.

Suhardi mengatakan setelah pengecekan selesai, KPU akan menyerahkan berkas-berkas ini kembali ke parpol. Hal ini dilakukan agar beberapa berkas yang kurang atau tak lengkap dapat segera dilengkapi. “Kami akan serahkan kepada parpol untuk diperbaiki pada tanggal 22-31 Juli,” tuturnya.

KPU sebelumnya telah membuka pendaftaran caleg sejak 4 Juli hingga 17 Juli 2018. Sebelum menyerahkan berkas resmi, setiap parpol harus memasukkan daftar caleg ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU secara online. Nantinya, daftar resmi yang diserahkan langsung ke KPU harus sesuai dengan yang diisikan pada Silon. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here