LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Awang, Lombok Tengah hingga kini belum dapat dimanfaatkan dengan baik untuk operasional, sesuai hajatannya. Malah pusat kelihatan lebih fokus membangun fasilitas di tempat tersebut.

Tapi, hal ini bertolak belakang dengan keinginan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah. Dimana, Pemda Loteng lebih mendorong pada pengoperasiannya. “Cukup sudah membangunnya. Sebaiknya sekarang dioperasionalkan saja,” ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Loteng, M Kamrin, kemarin.

Artinya lanjut Kamrin, pihaknya tidak melarang untuk terus membangun, tapi sambil membangun alangkah baiknya PPN Awang dioperasionalkan juga. Sehingga, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Malah bila dibiarkan akan menimbulkan kerusakan,” ungkapnya.

Namun, semua itu kata Kamrin, pihaknya kembalikan kepada pemerintah pusat. Karena yang memiliki kewenangan adalah pusat. Memang diketahui, dalam pengoperasian pelabuhan tidak semudah apa yang kita inginkan dan harapkan. Pasalnya, banyak hal yang harus diatur, seperti mengatur daerah penangkapan, jenis kapal yang bisa bongkar muat di PPN Awang dan lainnya. “Kalau kami hanya berharap kalau bisa kapal benua yang bisa bongkar muat disana, sehingga mereka tidak kembali ke benua usai melakukan penangkapan, melainkan mereka harus di PPN Awang,” jelasnya.

Kemudian, rencana perubahan status PPN Awang menjadi Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS), ia katakan kalau terkait hal itu sah-sah saja. Tapi yang harus didahulukan sekarang ada pengeoperasiannya. Karena, ia sayangkan, investasi yang begitu besar, tapi belum bisa memberikan dampat positif atau manfaat kepada masyarakat. “Malah kalau sudah beroperasi gaungnya bisa luar biasa nantinya,” terangnya.

Sementara, setelah beroperasi yang didapatkan kabupaten adalah peningkatan PAD. Itu pun akan di dapatkan dari pabrik es Kalporit. Tapi, manfaat paling besar yang bisa dirasakan adalah dalam transaksi ekonomi yang dilakukan masyarakat. “Kita juga punya TPI sebagai wadah tempat transaksi lelang nantinya,” tungkasnya. (Hiz)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here