LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Utara mendesak Bupati di Kabupaten Termuda di NTB itu untuk segera mengisi jabatan pengawas Perusaan Daerah Air Minum (PDAM).

Pasalnya, pasca habisnya masa jabatan tersebut beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini Bupati belum juga menetapkan pengganti.

“Kalau posisi Pengawas di PDAM masih lowong ya harus segera di isi,”ungkap Ketua Komisi I DPRD KLU Adrinto SH kepada wartawan, kamis (19/7), saat ditemui di ruangannya.

Menurutnya, kaitan dengan badan usaha milik daerah (BUMD) ini baik kinerjanya, aparaturnya harus berjalan dengan baik, berkenaan dengan itu, maka harus juga memiliki pengawas yang di isi oleh orang yang memiliki kemampuan.

“Untuk itu jangan menaruh orang hanya sekedar nama saja, apalagi sekarang terjadi kekosongan harus segera di isi, kalau boleh DPRD merangkap sebagai dewan pengawas bisa juga kita jadi dewan pengawas,”ujarnya.

Sementara itu lanjutnya menyoal penunjukan orang untuk mengisi jabatan dewan pengawas tersebut itu merupakan hak pereogatif Bupati, dimana beliau sudah memiliki kriterianya sendiri.

jika seandainya Bupati nanti menunjuk orang-orang yang tidak berkompeten di bidangnya, maka kata Adrianto bupati siap-siap saja menuai kehancuran di PDAM.

“Kalau di kelola oleh orang-orang yang tidak berkompeten di bidang itu ya itu kerugian Bupati, karena kriteria pengawas itu sudah jelas,”tegasnya.

Lebih lanjut Adrianto menjelaskan, adapun kriteria yang tepat untuk mengisi jabatan dewan pengawas sesuai dengan perda yang sudah di tentukan iyalah pertama dari unsur yang profesional, kemudia dari unsur yang membidangi itu (Air-red) dan unsur masyarakat pelanggan yang tentu memiliki kemampuan di bidang PDAM.

“Penunjukan dari unsur pelanggan itu sendiri juga tidak sembarangan, itu harus orang-orang yang mengerti di bidang pengawasan, jangan karena tim sukses dan lain sebagainya itu yang di tunjuk, kemudian orang profesional yang bekerja untuk melakukan pengawasan di bidang itu,”pungkasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here