MATARAM, KANALNTB.COM – Sebanyak 140 kapal Yacth dari sejumlah negara dipastikan akan mengikuti pelaksanaan Sail Moyo Tambora yang dilaksanakan di Teluk Saleh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 9-23 September 2018.
“Yang sudah konfirm ke kita ada 140 peserta,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram.

Faozal mengatakan, 140 yacth akan melintasi jalur Sail Moyo-Tambora di perairan Indonesia. Para peserta mulai berlayar dari dua lokasi berbeda sebagai titik start, yakni sebagian dari Darwin, Australia dan Malaysia serta Singapura, mulai awal Juni.

“Kapal-kapal layar ini nantinya akan berkumpul di kawasan Labuhan Bajo, Flores, NTT pada awal September, untuk kemudian bersama-sama menuju lokasi puncak kegiatan di Teluk Saleh yang menjadi bagian dari kawasan minapolitan Samota (Saleh, Moyo, Tambora) di Pulau Sumbawa,” ucapnya.

Sebelum kegiatan puncak pada 9-23 September tersebut, pemerintah daerah akan melaunching Sail Moyo Tambora di Jakarta pada 15 Juli 2018. Dilanjutkan pada 15 Juli yakni parade budaya NTB di car free day di Jakarta.
Untuk anggaran kegiatan ini, sebut Faozal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mengalokasikan anggaran Rp3,4 miliar yang ada di DPA Dinas Pariwisata NTB.
“Jadi selain dari daerah, kementerian dan lembaga juga ikut membantu kegiatan ini. Meski bantuan itu bukan berarti dalam bentuk anggaran,” katanya.

Menurut Faozal, dalam Sail Moyo Tambora 2018 ini, sedikitnya lima kabupaten dan kota yang ada di Pulau Sumbawa akan mengambil bagian dalam mempromosikan potensi pariwisatanya. Sementara di Lombok, para peserta juga akan berlabuh di Pelabuhan Yacht Medana Resort di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara.
“Diharapkan, melalui Sail Indonesia dengan branding Sail Moyo Tambora bisa mempromosikan potensi wisata bahari NTB ke kancah internasional,” pungkasnya. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here