LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM -Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tinggal menghitung hari, Pjs Bupati Lotim, H Ahsanul Khalik Terjun memantau fluktuasi harga sejumlah barang di pasar, Rabu (13/6) terutama terhadap sejumlah barang kebutuhan pokok.

Ahsanul Khalik mengatakan harga sejumlah bahan pokok masih stabil. Walaupun beberapa mengalami kenaikan seperti, daging dan cabai.  Namun, hal itu merupakan siklus tahunan yang biasa terjadi jelang hari besar.

“Telur malah murah. Untuk daging naik 5 ribu,  begitu juga cabai, naiknya masih dalam batas kewajaran,” ungkap pria asli Masbagik tersebut di sela-sela mengunjungi pasar Pancor bersama Kadisperindag Provinsi NTB, Hj Putu Selly Andayani, didamping Kadisperindag Lotim, Teguh Sutrisman.

Di pasar besar lainnya juga, lanjut Khalik, kondisinya sama. Seperti di pasar Masbagik dan lainnya.

Bersama Kadisperindag Provinsi NTB Hj Putu Selly, Pjs Bupati Lotim H Ahsanul terjun langsung ke petani. (Foto:ist)

Terkait harga cabai yang naik, Khalik menjelaskan ini karena persoalan teknis di lapangan. Karena tidak adanya buruh.

“Kenaikan cabai pun bukan karena barangnya yang tidak ada di petani atau bukan karena pengiriman ke luar daerah. Hasil turun langsung ke sawah di petani kita temukan lebih karena beberapa hari ini buruh panen cabai yang tidak ada. Sehingga kita temukan banyak cabai yang sudah merah di sawah tapi belum dipanen. Karena buruh panen yang tidak bisa. Alasannya akhir puasa dan rata rata mau buat kue lebaran.
Kebanyakan buruh panen ini kan perempuan,” terangnya.

Selain bertandang ke pasar memantau harga kebutuhan pokok. Ahsanul Khalik juga langsung memantau ke sawah petani cabai di daerah Lotim. Rombongan juga sempat berdiskusi ringan bersama para petani. (Dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here