LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk tidak melakukan pungutan terhadap pembiayan sertifikat pada program tanah sistematis lengkap (PTSL).

“Tolong jangan lakukan penarikan atau pungutan terhadap warga untuk mendukung program PTSL,” kata Kejari Mataram Agus Taufikurrahman SH MH pada saat menghadiri sosialisasi program PTSL di Aula Bupati KLU.

Dalam acara tersebut Agus menegaskan, bahwa diadakannya
sosialisasi ini agar kedepan para kepala desa (kades) senantiasa mendukung program pemerintah tersebut, karena pada tahun 2018 ini pelaksanaan PTSL di KLU merupakan yang terendah, karena sebagian dari para kades tidak mendukung terkait biaya yang ditanggung peserta program PTSL.

“Sedikit gambaran pada tahun 2017, pelaksanaan PTSL ada Peraturan Bupati terkait SKB 3 menteri yang penganggarannya diambil perbidang, dimana Kades hanya menginformasikan saja, bukan menyiapkan. Jangan bermain dengan aturan yang mengeluarkan biaya, terkait alas hak nya itu ada di BPN,” tegasnya.

Bupati Lombok Utara TGH Najmul Akhyar SH MH dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya sangat berharap adanya penguatan semangat untuk bekerja dalam sosialisasi dan mendukung PTSL ini.

“Memang perlu di diskusikan dengan para kades, karena masih ada keraguan dan hambatan dalam Program PTSL, untuk dicarikan solusinya, saya berharap kepada kita semua untuk bisa memahami substansi dari acara ini,”katanya.

Sementara itu, Kepala ATR/BPN KLU Keman SH mengklaim bahwa pada 2018 target PTSL di Kabupaten termuda di NTB itu meningkat drastis dibandingkan tahun 2017, dimana pada tahun kemarin terget pemerintah berkisar sekitar 13 ribu sertifikat.

Sedangkan pada tahun 2018 ini, lanjutnya, sesuai dengan perintah Presiden RI dari 5 juta sertifikat menjadi 7 juta di seluruh Indonesia, sementara di KLU sendiri tahun ini mendapat jatah sekitar 19 ribu sertifikat.

“Tahun 2018 ini, jatah ada pada lima kecamtan yang terdiri dari 23 desa di KLU, untuk itu saya berharap pelaksanaan PTSL ini tidak ada halangan lagi, Kepada Kepala Desa mohon kerja samanya dengan baik,” tandasnya. (Eza)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here