MATARAM, KANALNTB.COM – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur TGH Ahyar Abduh dan Mori Hanafi (Ahyar-Mori) akan menempatkan 16 ribu saksi untuk memantau pelaksanaan Pilkada Nusa Tenggara Barat pada 27 Juni 2018 di 8336 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Tim mulai bekerja di masa tenang, karena kami ingin jaga semua proses Pilkada ini berjalan sesuai hukum dan demokrasi yang ada,” kata Sekretaris Tim Teritorial Pemenangan Ahyar-Mori, Sahrul Mustofa di Mataram, Selasa.

Menurutnya, salah satu tugas saksi ini, yakni melakukan pengawasan berbagai praktek kecurangan yang terjadi justru di hari tenang, baik intimidasi dan proses lainnya.
“Dinamika yg berkembang telah banyak muncul selebaran baik itu di medsos maupun masyarakat. Tentu kondisi ini sangat rentan bukan hanya berpotensi intimidasi baik di lokasi lawan, tapi sudah ada upaya sistematis dari daerah lain,” jelasnya.

Ia menjelaskan seluruh saksi tersebut sudah mendapatkan pelatihan dan pembekalan dari tim pemenangan Ahyar-Mori dengan harapan saksi-saksi tersebut dapat bekerja semaksimal mungkin. Mulai dari tingkap TPS hingga KPU kabupaten/kota.
“Nanti ada dua saksi per TPS yang disiapkan. Tidak hanya itu, kita juga sudah menyiapkan pengawal TPS 20 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi data teritorial Nujumudin, menegaskan fungsi dan tugas saksi ini nantinya memastikan daftar pemilih tetap sama dengan yang di pegang saksi. Artinya, para saksi mengawasi proses pemilihan suara sesuai asas pemilu dan aturan yang ada.
“Ada juga satgas pemenangan, kalau ditemukan money politik, kita minta itu di peosed kalau. Kalaupun ada ditemukan polisi harus menangkap pelaku tersebut,” tegasnya.

Ia mengajak semua pihak termasuk tim lain untuk sama-sama saling menjaga jalannya proses pemilihan suara pada 27 Juni 2018.
“Ini bukan soal kami berada di Ahyar-Mori, tapi untuk semua calon. Makanya kita harus menjaga dan mengawal proses Pilkada agar berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here