LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Puluhan pejabat dari eselon III dan IV lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menjalani ujian kompetensi di gedung Aula Bupati, Senin (7/5).

Ujian kompetensi para pejabat ini berlangsung selama tiga hari yang terhitung mulai, Senin dan berakhir Rabu (9/5) .

“Tes uji kompetensi ini akan menjadi acuan pimpinan nanti ketika sewaktu-waktu melakukan perombakan organisasi perangkat daerah (OPD),” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Lombok Utara Masjudin Ashari.

Ashari menjelaskan, pembekalan kepada para pejabat ini rutin dilaksanakan dalam setiap tahun, hal ini di lakukan semata-mata untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

“Untuk tahun ini pejabat yang ikut tes sekitar 75 orang, itu sesuai dalam anggaran yang ada , dan untuk Jumlah ruangan yang digunakan ada dua, yaitu eselon III yang berjumlah 15 orang ditempatkan di ruang secretariat daerah, sementara eselon IV yang berjumlah 60 berada di aula kantor bupati,” jelasnya.

Untuk materi ujian kali ini lanjut Ashari, ada tiga poin yang wajib diikuti, yakni psikometri (kemampuan mental dan perilaku), wawancara dan diskusi kelompok.

“Ujian kompetensi ini, akan menjadi bahan sebagai bentuk melakukan pemetaan kemampuan pejabat yang diperuntukan ketika dilakukan perombakan organisasi perangkat daerah,” ujarnya.

“Tujuannya nanti, ini juga untuk melakukan pemetaan kompetensi peserta untuk menjadi bahan pertimbangan atau acuan untuk menduduki posisi yang pas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ashari menegaskan, Uji kompetensi kali ini, tidak semata-mata dilakukan pada saat menjelang pengisian jabatan yang kosong saja, tetapi ketika ada perubahan struktur pada organisasi, maka dari itu, pihaknya mengadakan pembekalan ini agar update dalam rentan waktu selama dua tahun sekali.

“Jika lebih dari dua tahun, maka akan diujikan lagi,” tandasnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here