MATARAM, KANALNTB.COM
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB dan pasangan calon (Paslon) menyepakati soal desain surat suara yang akan digunakan dalam tahapan pemungutan suara Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni mendatang.

Sebagaimana ditetapkan di aturan KPU nomor 43 maka untuk NTB yang memiliki empat paslon desainnya berukuran 36×23 cm dengan rincian kolom nomor paslon 8×2 cm, foto paslon 8×6 cm, dan nama paslon 8×2,5 cm. Selain itu untuk foto dan nama paslon diletakkan secara memanjang serta sejajar.

Sedangkan untuk surat suara akan menjadi tiga lipatan sebelum dan sesudah pencoblosan oleh pemilih.

“Surat suara yang dicetak sudah ditanda tangani semua paslon melalui LO yg dimandatkan sebagai bentuk persetujuan paslon disaksikan bawaslu NTB. Jumlah surat suara DPT + 2,5% DPT + 2000 surat suara untuk pemungutan suara ulang. DPT kita 3.511.890. 2,5% DPT untuk surat suara cadangan dihitung berbasis TPS,” kata Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori, Selasa (22/5).

“Sudah dilelang oleh KPU RI dengan E Katalog PT Temprina Jawa Post Group sekarang sedang cetak. Sebelum cetak, saya sudah tandatangani master SS Pilgub dengan pengaman-pengaman. Untuk specimen kami sudah buat dan telah kami kirim ke semua paslon dengan tanda khusus dan dalam surat kami minta paslon untuk mengikuti aturan dan larangan-larangannya,” ujar Aksar.

Aksar mengatakan, rencananya lama pencetakan surat suara ditarget 20 hari. Namun kali ini lebih cepat. Bahkan dalam proses pengiriman akan dikawal oleh petugas kepolisian

“Rencananya udah dikirim besok dari PT Temprina Jawa Pos Group di Denpasar, tapi kami akan libatkan Polda NTB untuk mengawalan, sehingga kami minta Kamis supaya betul-betul terkawal. Ini jauh lebih cepat dari target 20 hari yg kami rencanakan,” pungkasnya. (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here