MATARAM, KANALNTB.COM – Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat H Moch Ali Bin Dahlan atau akrab disapa Ali BD mengibaratkan acara debat kandidat yang akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Mei 2018 seperti sebuah kuis yang ditayangkan di televisi.

“Kalau kita debat dan adu gagasan itu mestinya satu lawan satu, kalau sudah melibatkan banyak orang buka debat lagi tapi sudah kuis itu,” kata Ali Bin Dahlan di Mataram.

Menurut Ali BD, meski mengibaratkan debat kandidat seperti acara kuis. Namun, Bupati Lombok Timur dua periode ini, mengaku siap dan tetap akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bahkan, dirinya menyatakan siap hadir dalam acara debat kandidat yang akan dilaksanakan KPU NTB tersebut, meski di isukan dirinya tak akan hadir pada acara debat kandidat yang diselenggarakan KPU NTB dan disiarkan langsung oleh TV One tersebut.

“Apa materinya nanti kita lihat,” terangnya.

Walaupun memastikan hadir, Ali BD pun mengaku tidak menutup kemungkinan untuk tidak hadir. Sebab baginya tidak ada kewajiban calon untuk mengikuti debat kandidat tersebut. Karena itu jika KPU tidak mengancam tidak menayangkan iklannya di televisi atau di media lain. Ali menyatakan tidak mempermasalahkannya.

“Kalau saya, yang wajib itu adalah membayar pajak, dan datang menjadi saksi di pengadilan. Kalau soal datang debat itu jelas tidak ada sanksi. Yang utamakan bagus dan bermanfaat buat KPU jika ada Paslon yang tidak hadir kayak saya. Karena uang negara tidak terpakai untuk membiayai jam tayang dan hak siar di televisi,” jelas calon gubernur yang maju melalui jalur perseorangan (independen) ini.

Meski demikian, Ali BD menambahkan, dirinya tidak gentar sedikitpun jika beradu ide dan gagasan dengan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lain yang ikut dalam kontestasi Pilkada NTB. Bahkan, dirinya juga mengaku siap jika dihadapkan satu lawan satu pada acara debat kandidat.

“Saya tidak takut, justru kalau bisa satu lawan satu,” tegas Ali BD.

KPU NTB memastikan debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB untuk putaran pertama akan dilaksanakan 12 Mei 2018.

“Acaranya akan dilaksanakan di Hotel Lombok Raya dan disiarkan langsung di televisi nasional,” kata Komisioner KPU NTB Suhardi Soud.

Ia mengatakan, debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ini dilaksanakan pukul 19.30-21.30 Wita dengan durasi waktu selama 90 menit. Untuk materi dan isu yang diangkat pada debat kandidat putaran pertama ini, soal kesejahteraan rakyat dan pelayanan publik.

Acara debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB akan dilaksanakan dua putaran. Untuk debat putaran kedua dilaksanakan 20 Juni 2018, dengan tema penyelerasan pembangunan antara pusat dan daerah.

“Kalau kesiapan semua sudah siap, termasuk para calon sudah menyatakan kesiapan untuk tampil di acara itu,” katanya. (Pur)

25
78%
like
1
3%
love
2
6%
haha
4
12%
wow
0
0%
sad
1
3%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here