LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Sebanyak 11.974 pemilih di Kabupaten Lombok Tengah terancam tidak bisa memberikan hak pilihnya dalam pemilihan Gubernur NTB tanggal 27 Juni mendatang.

“Mereka belum memiliki identitas kependudukan dan belum masuk dalam database kependudukan atau belum memiliki surat keterangan pengganti e-KTP,” kata Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Loteng, Sansuri, diruang kerjanya, Jumat (20/4).

Sehingga, bila sampai hari H pemungutan suara mereka tidak memiliki suket, maka tidak akan bias menggunakan hak pilihnya. Karena, sesuai dengan PKPU saat ini, pemilih berkewajiban membawa e-KTP atau suket pada hari H yang disertai dengan membawa undangan pemberitahuan memilih yang tertera pada C6.

“Persoalan ini sudah disampaikan ke Dukcapil, agar segera ditindak lanjuti,” katanya.

Diakuinya, sebelumnya ada 52.900 yang belum memiliki suket. Namun, dari hasil kerja keras Dukcapil sisanya saat ini 11.974. Sehingga inilah yang sedang diselesaikan oleh Dukcapil.

“Inilah yang sedang diusahakn oleh Dukcapil, agar semua masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Karena, belum memiliki suket, maka 11.974 pemilih ini tidak masuk dalam DPT yang jumlahnya sebanyak 720.244 pemilih. Artinya, kalau sudah memiliki suket dari 11.974 itu maka akan dimasukkan dalam DPT tambahan. “Kalau yang 720.244 pemilih sudah klier tidak ada masalah, pasalnya mereka semua sudah memiliki NIK dan suket,” jelasnya.

Sementara, pemilih laki tercatat 356.512 dan perempuan sebanyak 363.732 pemilih. Namun, ada perbedaan dari DPT yang sekarang dengan DPT Pilkada tahun 2015. Dimana, sekarang terjadi penurunan sebesar 30 ribu. Dulu DPT tercatat sekitar 765 ribu. Tapi, yang membedakan DPT sekarang dengan tahun lalu sistemnya yang lebih bagus. Apalagi, coklit dilakukan secara menyeluruh, sehingga ketimpangan terhadap data bisa diminimalisir.

“Pokoknya data sekarang bisa lebih valid, baik terhadap yang sudah mati maupun pemilih ganda,” tandas Sansuri. (Dik)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here