LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Sebanyak 41 bangunan di Sepadan Pantai Gili Meno, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang ditertibkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Selasa (24/4).

Penertiban ini direncanakan dilakukan selama 4 hari, yakni dari tanggal 24 April sampai dengan 27 April 2018. Pada hari pertama ini, penertiban di awali dengan upacara pelepasan tim penertiban yang terdiri dari, tim dari Dinas yang terdiri dari Wakil Bupati KLU Syarifudin, Dinas PUPR, DLHK, Pol PP, Aparat Polres Lotara, Anggota Kodim 1606 Lobar, serta Pam Ovbit Polda NTB.

Bupati Lombok Utara TGH.Dr Najmul Akhyar SH MH mengingatkan, penertiban kali ini harus di lakukan sesuai aturan yang ada, serta harus mengunakan pendekatan yang humanis kepada masyarakat dan para pelaku usaha yang terdampak.

“Kalau nanti, saat melakukan penertiban harus mengedepankan pendekatan yang humanis kepada para pelaku usaha, apalagi para pelaku usaha sudah mau membongkar sendiri bangunan mereka, oleh sebab itu aparat yang di kerahkan saat ini agar memposisikan diri untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Administrasi dan Pembangunan, Setda Lombok Utara, Lalu Majemuk, menjelaskan jadwal penertiban sudah tetap sebagaimana hasil rapat terakhir. Untuk Jadwal final sendiri lanjut Majemuk juga berlaku untuk penertiban di Gili Air, di mana penertiban dilakukan pada 28 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2018.

“Di Gili Meno ada 41 daftar perusahaan yang akan kita tertibkan. Sebagaimana hasil pemantauan kita di lapangan, 60 persen tempat usaha sudah mulai dibongkar sendiri. Sampai dengan hari ini juga ada yang membongkar sendiri,” jelasnya.

“Sementara di Gili Air sebanyak 93 unit bangunan. Disana masyarakat juga sudah mulai membongkar sendiri yang tercatat sudah 16 unit bangunan sudah dibongkar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Majemuk menuturkan, pihaknya sangat berharap kepada seluruh masyarakat agar berpartisifasi aktif untuk membongkar sendiri bangunan mereka, maka dari itu beban dari tim penertiban menjadi berkurang.

“Kita apresiasi karena pengusaha dan masyarakat juga memaklumi langkah penertiban yang kita lakukan.maka dari itu dari 4 hari masa penertiban kita prediksi prosesnya akan bisa diselesaikan lebih cepat,” tandasnya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here