LOMBOK BARAT, KANALNTB.COM – Ada sesuatu yang ‘miris’ ketika melihat foto sungai ini. Saat tim kanaleksplor turun dari kejauhan terlihat keindahan aliran sungai Mambalan yang jernih dibarengi oleh pancuran air terjun, namun di samping aliran sungai, gundukan sampah menggunung dengan bebas.

Ini tentu terkesan ironi. Karena di balik gundukan sampah yang menggunung tersebut, terdapat keindahan yang tersimpan. Air sungai yang jernih dan tebing-tebing yang mengucurkan air terjun.

Sungai yang memisahkan Desa Mambalan dan Desa Ranjong Lombok Barat ini sangat berpotensi menjadi tempat wisata. Menurut salah seorang pengunjung asal Lombok Timur, Kiki, berpendapat bahwa sungai tersebut sangat bagus untuk dijadikan selfie spot.

Sungai yang memisahkan Desa Mambalan dan Desa Ranjong Lombok Barat ini sangat berpotensi menjadi tempat wisata. (Foto: kanalntb.com/dewi)

“Bagus sekali. Cocok untuk tempat selfi. Tapi gundukan sampah yang turun sampai ke aliran sungai membuatnya jadi kotor dan keindahannya berkurang. Menurut saya tempat ini berpotensi menjadi tempat wisata, tapi kesadaran masyarakatnya kurang untuk menjaga kebersihan, terlebih kurang sadar untuk mewujudkan desa wisata,” ungkapnya, Minggu (29/4)

Hampir senada dengan pengunjung, Suci, salah satu warga desa Mambalan yang menjadi anggota Srikandi Sungai yang bertugas menjaga dan melestarikan keindahan sungai juga sangat menyesalkan hal tersebut.

“Membuang sampah ke sungai tentu sangat tidak baik. Karena mencemari keindahan sungai. Terlebih saya sebagai anggota Srikandi Sungai, merasa sangat kecewa. Sangat disayangkan, kita mempunyai potensi alam yang bagus tapi dicemari,” jelasnya.

Menurutnya, sudah sering kali diperingati kepada warga Mambalan dan sekitarnya untuk menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah ke sungai tapi tidak dihiraukan.

“Kita sudah beberapa kali juga kasih plang agar tidak buang sampah. Tapi selalu hilang. Saya juga berharap kepada dinas untuk tegas kepada masyarakat agar tidak membuang sampah karena kami tidak dihiraukan.” tandasnya. (Dewi)

2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here