SELONG, KANALNTB.COM – Capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pengunjung Gunung Rinjani capai Rp 10 milyar pada tahun 2017 lalu. PNPB tersebut mencakup; penjualan tiket, izin peliputan dan lainnya.

“Untuk tahun kemarin, dari PNPB kita capai Rp 10 milyar,” ujar staf kantor Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sembalun, Joko Subiantoro, Senin (16/4).

Joko menjelaskan, dari data terakhir per 15 April dari awal bulan tahun ini sudah mencapai ribuan pendaki. Dengan rincian, pendaki asing atau mancanegara berjumlah 1.653 orang. Sedangkan untuk pendaki lokal atau dari Nusantara berjumlah 1.368 orang.

“Dari data terakhir ini, pendaki asing didominasi dari China,” imbuh Joko.

Kemudian diikuti negara Malaysia dan Singapura. Sedangkan dari Eropa didominasi pendaki dari Jerman, Inggris dan Prancis.

Jumlah pendaki per harinya sendiri, lanjut Joko, setidaknya mencapai 60-70 orang.

Selanjutnya terkait harga tiket hal itu sudah sesuai aturan yang ada. Yakni berlandaskan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2014. Dimana harga tiket untuk lokal pada hari biasa sebesar Rp 5 ribu per hari/orang. ZwqUntuk hari libur sebesar Rp 7.500 ditambah asuransi Rp 10 ribu.

“Kalau untuk mancanegara kita pakai Rp 150 ribu per hari/orang. Tapi kita pakai Rp 300 ribu/trip/orang. Sebenarnya bahasanya sama. Ketentuan ini juga masih akan dibicarakan TNGR dan stakeholder terkait,” pungkasnya. (Dex)

2
66%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
33%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here