LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Plt bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri memperingati Isra’ Mi’raj 1439 hijriah di Alun-Alun Tastura Praya, Minggu (15/4).

Hadir dalam kesempatan itu, Syekh Seeban Al Dahsan dari Palestina. Tidak luput pula tamu agung, terdiri dari 100 anak yatim dan dhuafa. Kegiatan dengan tema ‘Togetherness in Isra’ Mi’raj’, Pathul Bahri mengatakan, peringatan Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang sangat mulia dialami Nabi Muhammad SAW.

Dalam peristiwa itu diturunkannya perintah shalat 5 waktu bagi ummat islam. Shalat juga menjadi sarana untuk mewujudkan keseimbangan tatanan masyarakat yang beradab dan penuh kedamaian. Karena shalat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

“Melalui momentum ini, hendaknya kita manfaatkan untuk tetap istiqomah,” ungkap Pathul Bahri.

Tidak hanya itu, momentum Isra’ Mi’raj pula harus dijadikan untuk mengikat diri terhadap ajaran islam yang utuh, menyempurnakan ahlak dengan menjabarkan, menterjemahkan, merespon pesan dan nilai islam kedalam seluruh aspek kehidupan, sehingga kita tidak terjebak pada acara seremonial terus berulang tanpa berimplikasi terhadap terjadinya perubahan fundamental dalam kehidupan kearah yang lebih baik.

“Peringatan ini semoga bias dijadikan media atau pedoman pencerahan bagi sikap dan tindakan kita, sehingga dari waktu ke waktu, dari hari ke hari amaliah kita akan terus mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, serta sejalan dengan visi kabupaten Loteng yakni terwujudnya masyarakat yang beriman, sejahtera dan bermutu,” tandasnya.

Begitu pula, Syekh Sheeban Al Dahsan memaparkan pentingnya peringatan Isra’ Mi’raj. Dimana, itu peristiwa penting, karena saat itulah Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu. Kemudian, Isra’ merupakan peristiwa “diberangkatkan” Nabi Muhammad oleh Allah dari Masjidil Haram Mekkah ke Masjidil Aqsa Jarussalem Palestina. Sedangkan Miraj adalah peristiwa Rasulullah dinaikkan ke langit dari Masjidil Aqsa.

“Intinya mari kita ambil hikmah dari perjalanan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, mari bersama-sama memperkuat ukhuwah Islamiyah, sehingga tercipta persaudaraan yang kuat,” katanya. (Dik)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here