LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Bupati Kabupaten Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH menggelar panen raya udang Vanamei di Desa Mumbul Sari  Kecamatan Bayan, Kamis (5/4).

Panen perdana yang di inisiasi oleh tambak dampingan PT Central Protemaprima,Tbk dihadiri oleh anggota komisi III DPRD KLU Artadi S Sos, Kadis Perindagkop, Sekdis Dishublutkan, Sekdis Perindagkop, serta Direktur PT CP, Tbk.

Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH mengatakan, panen perdana budidaya udang vanamei dengan sistem kolam terpal ini merupakan invosasi baru di Kabupaten berjargon Tiuq Tata Tunaq, oleh sebab itu orang nomor satu di KLU itu berharap ke depan daerahnya mampu memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

“Di tiga Gili saat ini membutuhkan udang 2,5 Ton perminggu belum lagi pasar tradisional, oleh sebab itu kita menganjurkan kepada masyarakat untuk bentuk kelompok swadaya maupun bantuan pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu Sekdis Dishublutkan H Samsul Rizal memaparkan, bahwa budidaya udang terpal ini merupakan inovasi terbaru di Indonesia. untuk sebagai orang KLU, pihaknya harus bangga menjadi tuan rumah yang mencetuskan budidaya ini di daerah dan dikunjungi oleh empat Kabupaten/kota untuk belajar.

“Besok disini kita juga akan melatih 70 orang nelayan yang akan mengelolah budidaya udang vanamei ini,” tandasnya.

Lebih lanjut pria yang akrab di sapa H.Rizal itu menjelaskan, saat ini di lombok utara pihaknya baru mempunyai 5 kelompok bantuan pemda KLU, 10 kelompok aspirasi DPRD KLU, dan 20 kelompok DPD RI.

“Semoga kedepan disini terbentuk kampung vanamei, mengingat budidaya udang kolam terpal ini ikon KLU dan Provinsi NTB,” ucapnya. (Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here