SELONG, KANALNTB.COM – Banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Lotim statusnya jalan di tempat. Bahkan yang abal-abal pun juga ada. Hal tersebut disampaikan Kabid Pembinaan Parpol dan Ormas, Kesbangpoldagri Lotim, Muhammad Sataruddin, pada kanalntb.com baru baru ini.

“Yang aktif ada banyak. Tapi ada juga banyak yang jalan di tempat, yang abal-abal juga ada,” ujar Sataruddin.

Ia menjelaskan, adapun kriteria LSM atau ormas yang aktif yakni dalam setahun kegiatan mereka ada dan itu rutin. Sementara itu LSM atau ormas yang jalan di tempat, mereka sudah tidak aktif. Kegiatan mereka sudah tidak jelas. Untuk yang abal-abal sendiri, kepengurusan mereka tidak jelas, dan tidak terdaftar di Bakesbangpoldagri.

“Tapi di kita ini banyak yang daftar ya yang organisasi-organisasi kecil itu,” imbuhnya.

Yang dimaksud Sataruddin, seperti pendaftaran kelompok-kelompok usaha dan pendaftaran rumah ibadah. Dimana dengan itu mereka. mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Bakesbangpoldagri.

“Dalam hal ini untuk mendaptkan SKT itu,” ujarnya.

Disamping itu, lanjutnya, memang beberapa LSM atau Ormas yang tidak tersaftar di Bakesbangpoldagri. Tapi mereka sudah terdaftar di Kemenkumham.

“Ini gak apa-apa, kalau mereka sudah terdaftar di Kemenkumham. Untuk yang besar-besar kan mereka biasanya ke Kemenkumham,” jelasnya.

Ditanya ada berapa LSM atau pun ormas yang ada di Lotim sejauh pemantauan Bakesbangpoldagri. Baik itu yang aktif, jalan di tempat atau yang abal-abal? Sataruddin tidak merinci. Yang pasti, katanya sangat banyak sekali. (Dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here