SELONG, KANALNTB.COM – Agenda debat pasangan calon (paslon) di gedung kantor Bupati Lotim, Rabu malam (18/4), dinilai gagal. Penyelenggara KPU Daerah Lotim dinilai belum siap. Penilaian dilihat dari sejumlah poin dalam agenda debat paslon tersebut.

“Kita semua bisa lihat semalam, KPU ini belum siap,” ujar ketua Jaringan Aktivis Peduli Daerah (JAPDA) Lotim, Lalu Safarudin, pada kanalntb.com via sambungan telepon, Kamis (19/4).

Diantara penilaian tersebut yakni, penunjukan moderator, tekhnis pertanyaan, dan tempat acara. Safarudin menilai debat paslon yang diadakan KPU Lotim, jauh dari yang diharapkan.

Pria yang akrab disapa miq Apenk ini mempertanyakan penunjukan saudara Roma Hidayat sebagai moderator. Hemat dirinya, netralitas Roma Hidayat patut dipertanyakan.

Bahkan, dilihat pada acara tersebut, lanjut miq Apenk, saudara Roma Hidayat terlihat tidak profesional. Beberapa kali salah menyebut kepada paslon.

“Sebagai moderator dia seharusnya mengarahkan para paslon. Ini lain ditanya lain pemaparannya oleh paslon. Seharusnya ketika tahu pemaparan atau respon dari paslon tidak sesuai dengan pertanyaaan moderator langsung mengarahkan,” lanjutnya.

Selain itu, lanjutnya, gedung tempat acara dinilai tidak sesuai harapan. Audiens kegerahan di dalam gedung.

Kemudian untuk pemaparan dari para paslon sendiri, pesan dari visi dan misi mereka belum terpapar jelas. Safarudin menilai ini dampak dari teknis debat paslon yang juga tidak matang.

“Ini menjadi pelajaran KPU, cukup sampai disini. Jangan buang-buang anggaran,” tegasnya.

Dimintai konfirmasi, komisioner KPU Lotim divisi tekhnis, Zinurain mengatakan, pihaknya sudah melakukan yang terbaik dengan Event Organizer (EO).

“Boleh-boleh saja orang berpendapat. Kami bersama EO sudah maksimal. Semua sesi juga berjalan lancar,” singkat Zinurain.

Acara debat paslon itu sendiri dirangkai sampai lebih dari 5 segmen. Dimulai pukul 20.00, selesai pukul 23.30 Wita. (Dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here