LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Curah hujan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah diperkirakan masih masih tinggi hingga memasuki Mei mendatang.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhammad mengakui intensitas hujan masih tinggi. Pasalnya, awan masih terlihat tebal. Sehingga, harus berhati-hati akan terjadinya banjir dan angin puting beliung.

“Kami saat ini masih dalam siaga,” ujarnya diruangan kerjanya.

Namun, kini kondisi diwiliyah Lombok Tengah masih stabil. Tapi, perlu kita waspada terhadap cuaca yang masih belum menentu ini.

“Kami himbau masyarakat agar tetap waspada,” imbuhnya.

Sementara, kalau melihat siklus cuaca, Juni dipastikan baru akan memasuki musim panas atau kemarau hingga Oktober. Sehingga stok air bersih untuk tahun ini pihaknya sudah sediakan, mengatisipasi musim kemarau.

“Tahun ini kita siapkan 22o tangki atau sebanyak 1,1 juta liter air bersih,” katanya.

Tidak sampai disitu saja, untuk mengatasi musim kemarau pihaknya juga sudah bersurat ke Pemerintah Pusat maupun Provinsi.

“Pokoknya Juni sudah masuk siaga kekeringan,” tegasnya.

Kemudian, dari data yang ada, tercatat sebanyak 9 kecamatan yang akan terdampak kekeringan nantinya. Namun, dari 9 itu, ada 6 kecamatan yang paling besar membutuhkan air bersih. Seperti, kecamatan, Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya dan Jonggat bagian selatan.

“Kalau dilihat dari stok yang ada, sementara ini bisa mencukupi kebutuhan dari 6 kecamatan tersebut,” katanya. (Dik)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here