SELONG, KANALNTB.COM – Mengejutkan, anggota Partai Perindo di Lotim banyak yang menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hal ini tentu melanggar ketentuan, dimana anggota KPPS tidak diperbolehkan menjadi pengurus atau anggota partai. Informasi itu disampaikan sendiri oleh Ketua DPD partai Perindo Lotim, As’ari disela-sela diskusi sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) Caleg oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim di Masbagik, Rabu (25/4).

“Anggota kami banyak yang jadi anggota KPPS, itu bagaimana?,” tanya As’ari pada komisioner KPU Lotim.

As’ari menjelaskan, hal itu memang menyalahi aturan. Oleh karena itu, ia meminta kepada anggota Perindo yang menjadi anggota KPPS agar mengajukan surat pebgunduran diri dari anggota partai.

Sementara itu, ketua KPU Lotim, Muhammad Saleh, yang ditanya terkait hal tersebut, kenapa ada anggota partai yang menjadi anggota KPPS? padahal verifikasi anggota sebelumnya dilakukan KPU Lotim untuk partai baru seperti Perindo.

“Begini, jadi saya rasa apa yang disampaikan beliau (ketua DPC Perindo_Red) adalah informasi. Dimana hal itu sudah kami selesaikan semua,” ujar Saleh.

Saleh menjelaskan, ketika melakukan verifikasi, dan terindikasi ada anggota partai yang menjadi anggota KPPS, maka KPU tidak mengakomodirnya.

“Di Sipol (Sistem informasi partai politik) kami tidak akomodir jika terdeteksi anggota partai menjadi anggota KPPS,” ujarnya.

Jadi, kalaupun ada, seperti informasi yang disampaikan ketua partai Perindo tersebut, Saleh mengatakan maka anggota tersebut harus diganti. (Dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here