MATARAM, kanalntb.com – Acara Gebyar Seni Pelajar NTB 2018 di Taman Budaya Provinsi NTB yang berlangsung 14-16 Februari lalu mendapat respon positif oleh kalangan siswa. Bagaimana tidak, acara yang juga dijadikan sebagai ajang silaturrahmi ini mampu menampilkan kesenian yang menarik antuasiasme para audiens.

Gebyar Seni Pelajar NTB 2018 ini diselenggarakan oleh pihak Taman Budaya sebagai bentuk apresiasi karya seni anak NTB untuk melestarikan budaya lokal. Selain itu, ditekankan pada fungsi edukasi untuk menambah wawasan.
“Fungsinya adalah lebih ke eduaktif tentang nilai-nilai kearifan budaya lokal,” ungkap Drs. Faesal, Ketua Taman Budaya Provinsi NTB kepada awak media.

“Acara ini sangat seru. Saya berharap acara seperti ini kalau bisa diadakan setiap tahun. Karena bisa memberikan pelajaran kepada siswa tentang kesenian dan kebudayaan lokal. Saya juga berharap adik-adik kelas saya bisa dibawa ke jenjang yang lebih tinggi, yakni level nasional,” kesan Rabiatul, salah seorang peserta acara kepada kanalntb.com.

Gebyar Seni Pelajar NTB 2018 Direspon Positif dan Diminta Ada Setiap Tahun

Selain itu acara ini juga diharapkan mampu menjadi ajang pertukaran budaya yang mampu menambah wawasan. Pertemuan yang melibatkan beberapa kabupaten ini juga diharapkan terjadinya alkuturasi budaya sehingga para siswa bisa saling  bersilaturhami.

“Dengan adanya kegiatan seperti kita mengharapkan adalah lestarinya budaya daerah, melalui generasi muda, sehingga mampu memperkokoh jati diri mereka, imbuhnya lagi.

Acara yang dikemas dengan tema workshop ini mengundang 7 sanggar kesenian sebagai perwakilan dari Kota Bima, Sumbawa, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara ini dibuka dengan  pementasan seni tari dari MAN 2 Kota Bima dengan judul tarian Mpaa Sempele. Dilanjutkan dengan penampilan komposisi musik Tegining-Teganang dari SMAN 1 Sikur, tarian Lapah dari SMAN 1 Gerung dan kemudian ditutup kembali dengan pertunjukan  tari Ura Bongi Monca dari MAN 2 Kota Bima.

Di hari terakhir ditutup dengan pementasan kesenian oleh sanggar perwakilan dari Sumbawa, Praya, Lombok Utara dan Kota Mataram, dan acara workshop. (DEWI)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here