MATARAM, kanalntb.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat merotasi sebanyak 218 kepala sekolah mulai SMK/SMA termasuk SLB Negeri se-NTB, Rabu.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala sekolah ini di pimpin Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Rosiady Sayuti, didampingi Asisten Aparatur Pemerintahan Agus Patria dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Muhammad Suruji.

Sekda NTB H Rosiady Sayuti mengungkapkan bahwa momen ini sudah lama dinantikan hasil yang terbaik dilaksanakan setelah SMA/SMK diserahkan bupati/walikota.

“Rotasi berlangsung alamiah. Tidak ada jabatan kepala sekolah yang abadi,” ujarnya.

Menurut para ahli dan pakar pendidikan sambungnya, jabatan kepala sekolah sangat strategis untuk mengantarkan peningkatan derajat peradaban sebuah bangsa. Selain itu, tak sekedar mengantar anak didik untuk menjalani proses sekolah.

Sebab, di semua negara tidak akan maju jika pendidikan tak modern dan tak berkualitas.

“Jadi perubahan ini ada pada guru-guru sekalian dan kepala sekolah menjadi Unjung tombaknya,” tegas Rosiady.

Meski demikian, lanjut Rosiady jabatan kepala sekolah adalah tambahan. Sementara tugas pokoknya mengajar. Sehingga, ia berharap bahwa mutasi yang dilakukan pemerintah provinsi sejak pengalihan kewenangan dari kabupaten/kota ke provinsi tidak di salah artikan bahwa apa yang dilakukan menzalimi.

“Jadi jangan di anggap bahwa mutasi atau rotasi ini sebagai sesuatu yang menzalimi. Tapi karena memang jabatan kepala sekolah ada yang sudah lebih dua periode atau 8 tahun sehingga tidak bisa terus diperpanjang,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Muh Suruji menerangkan, bahwa mutasi merupakan hal yang biasa dalam melakukan penyegaran guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Karena menurutnya, sudah tidak ada lagi kepala sekolah yang dua periode (8 tahun) masih menjabat sebagai kepala sekolah lagi. Untuk itu, ada 65 kepala sekolaj yang di bebas tugaskan.

“Intinya tidak ada kepsek yang abadi dan rotasi ini berlangsung secara alamiah sudah dilakukan sebagaimana mestinya,” kata Suruji. (k1)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here