MATARAM, kanalntb.com – Anggota Komisi XI DPR RI H. Willgo Zainar mendukung penuh suksesi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak di NTB 2018. Menurutnya, semua elemen masyarakat NTB harus turut serta menciptakan kondusifitas politik jelang Pilkada.

Willgo mendorong generasi muda NTB untuk lebih melek politik. Dia menilai, generasi muda seyogyanya menjauhi pola politik pragmatis yang disebut sebagai politik kasta rendah. Baginya, politisi muda harus mendapat pemahaman lebih lugas jika politik itu bagian dari seni mengelola dan menggerakkan orang dengan cara cerdas dan humanis.

Salah satunya dengan membangun iklim politik sehat melalui opini cerdas. Dinamika politik yang terjadi saat ini di NTB dinilai masih wajar. Artinya tidak terlalu keluar jalur sehingga dapat dikontrol dengan baik. “Memang kondusifitas politik itu sangat penting sekali. Ada proses pendidikan politik bagi masyarakat sebelum Pilkada berlangsung,” ujar Willgo kepada kanalntb.com tadi pukul 09.25 wita.

Politisi Partai Gerindra itu yakin masyarakat NTB sudah sangat dewasa dalam berpolitik. Dengan begitu, lambat laun masyarakat dapat mengerti bahwa politik itu merupakan seni mengaktualisasikan diri. Selain itu, menurutnya politik juga merupakan seni bertarung dalam mengadu ide dan gagasan, seni dalam menerima perbedaan, serta seni menghargai orang lain.

Di satu sisi, kata tokoh yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses ini menegaskan bahwa masyarakat harus mewaspadai praktik politik uang. Terlebih, masyarakat saat ini jauh lebih berdaulat atas pilihannya. Kontrol sosial terhadap politisi itu dinilai penting agar sistem menjadi lebih baik. “Meskipun ada Badan Pengawas Pemilu yang salah satu tugasnya mengantisipasi praktik politik uang, tapi pengawasan masyarakat itu sangat diperlukan juga,” tandasnya.

Terkait dengan itu, dia berharap perhelatan politik untuk memilih pemimpin di NTB berjalan dengan baik. Masing-masing kandidat mempraktikkan pola politik santun sehingga partisipasi pemilih lebih meningkat. (k1)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here