MATARAM, kanalntb.com – Persoalan sampah di Kota Mataram menarik perhatian banyak pihak. Tidak saja sekelas camat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram pun ikut mengurusi sampah. “Kami sedang mengoptimalkan sarana dan prasarana serta SDMnya,” ujar H Effendi Eko Saswito kepada wartawan.

Pria berkacamata itu membenarkan jika sampah di beberapa titik di Kota Mataram masih menumpuk. Kurangnnya armada pengangkut sampah jenis truk menjadi alasannya. Dia memerintahkan dinas terkait bekerja ekstrakeras mengatasi persoalan ini dengan cepat.

Eko memaparkan, cuaca ekstrem saat ini memicu volume sampah meningkat dibandingkan cuaca biasanya. Ini dinilai menjadi konsekuensi bagi dinas terkait untuk segera mengatasi persoalan itu dengan cara mengurangi volume sampah.

Tidak hanya itu, Eko juga mengimbau semua kepala SKPD terkait melakukan tugasnya sesuai tugas pokoknya.
Pihaknya akan meningkatkan perhatiannya terhadap persoalan Penerangan Jalan Umum (PJU) juga sampah. Itu dilakukan agar menuai kesan baik dari wisatawan yang datang ke Kota Mataram. Termasuk agar Kota Mataram bisa mencapai target Trisukses.“Ada beberapa SKPD yang kita turunkan untuk mengantisipasi cuaca saat ini,” tandasnya.

Eko menambahkan, pemerintah berupaya mengurangi volume sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) yang bersifat pasif dengan memanfaatkan kendaraan roda tiga. Kendaraan itu juga berfungsi sebagai TPS keliling.

Pemkot Mataram akan mengevaluasi sistem penanganan sampah. Meski penumpukan sampah ini tidak terjadi di semua tempat, pemerintah akan memaksimalkan armada yang memadai. Eko yakin peralatan armada yang memadai itu tidak akan berimbas pada penumpukan sampah di beberapa titik tersebut.
“Sekarang sudah ada roda tiga sebagai TPS keliling,” ujarnya.

Penumpukan sampah itu dinilai dapat terurai dengan adanya pengangkut sampah kendaraan roda tiga dan empat. Namun, kendaraan pengangkut sampah dari rumah tangga itu membuang sampah di TPS. “Ini yang mengakibatkan volume sampah meningkat di TPS. Saya harap kepala dinas terkait berpikir untuk mengurangi permasalahan ini dan harus strong leader serta cepat tanggap,” pungkasnya. (k3)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here