LOMBOK TIMUR, kanalntb.com – Kepolisian Resort (Polres) Lombok Timur (Lotim) siap sukseskan pengawasan anggaran dana desa (ADD) di wilayah hukumnya. Hal ini sesuai hasil putusan bersama antara Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, juga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ini kan sudah ada MoU-nya. Kami juga kemarin dikumpulkan di Polda terkait pengawasan dana desa ini,” ujar Kasatreskrim Polres Lotim AKP Joko Tamtomo, di ruang kerjanya, Jum’at (10/11).

Baca Juga : Lombok Timur  ” Salip ” Kota Mataram Terkait Smart City

Pria yang baru dua hari bertugas di Polres Lotim ini menambahkan, Bhabinkamtibmas diharapkan mampu sebagai pengingat dan pengawas terhadap kepala desa maupun aparat desa, terkait pengelolaan anggaran DD. Sebab, Bhabinkamtibmas-lah petugas kepolisian yang paling dekat secara langsung terhadap aparatur desa.

Joko menambahkan, tugas Bhabinkamtibmas bukan mengintervensi aparatur desa. Contoh sederhananya, yakni mengawasi dan mengingatkan agar desa membuat baliho atau sejenisnya. Di sana tercantum realisasi ADD. Jadi, warga desa bisa tahu hak mereka kemana.

“Tugas mereka sebenarnya membantu aparatur desa,” tutur mantan Kasatreskrim Polres Lobar ini.

Baca Juga : 500 Tuan Guru Se-Lombok Deklarasi Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Joko menambahkan, terkait hal pengawasan dan tupoksi para Bhabinkamtibmas, dia juga akan berkoordinasi dengan kejaksaan. Hal ini diperlukan jika ada temuan-temuan dalam penyimpangan DD. (k10)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here