SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Balai Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbawa bersama Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumbawa meminta perusahaan, pemerintah Kecamatan Rhee, dan pemerintah Desa Rhee menghentikan aktivitas penambangan material dan batuan nonlogam (galian C) di wilayah itu karena tidak berizin.

Kepala Balai ESDM Sumbawa Syamsul Ma’rif ST memaparkan bahwa aktivitas itu melanggar Undang-Undang No 04/2009 tentang kegiatan pertambangan mineral dan batu bara. “Setiap pengambilan material, termasuk di badan sungai, harus dilengkapi izin. Operator penambangan itu merupakan perusahaan besar yang sangat mengerti dan paham betul aturan pertambangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Balai ESDM Sumbawa bersama tim dari Dinas LH Sumbawa telah memantau langsung ke lokasi penambangan material dan batuan nonlogam di Kecamatan Rhee itu, beberapa waktu lalu. Berdasar keterangan Suniman, yang mengaku dari pihak perusahaan penambangan PT Sinar Bali, material yang ditambang itu diangkut ke AMP (milik PT Sinar Bali) ke crusher (pemecah batu).

Sementara itu, pihak pemerintah Kecamatan Rhee menyatakan bahwa perusahaan yang melakukan penambangan tersebut bukan PT Sinar Bali melainkan PT Aditya Pratama. Syamsul menambahkan, yang berwenang mengeluarkan izin tambang, yakni Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi NTB. Namun, sejauh ini penambangan itu tidak mengantongi izin. Padahal, penambangan telah berlangsung dua bulan lebih dan rata-rata mengambil material dengan volume 20 sampai 25 ret dump truck per hari.

Syamsul menegaskan ESDM Sumbawa tengah menyusun laporan kepada Dinas Induk ESDM tentang persoalan ini. Mereka bisa menghentikan penambangan meski telah mengantongi izin, apalagi yang belum memiliki izin. Karena itu, dia mengimbau semua pihak tetap taat aturan.

“Hal ini telah masuk dalam ranah pidana dan menjadi kewenangan aparat penegak hukum. Siapa pun bisa melaporkan penambangan tersebut, termasuk pemerhati lingkungan. Sementara ini kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Dinas Induk ESDM,” tandasnya. (k9)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here